PENGARUH EMOTIONAL EXHAUSTION TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERAWAT DI BANGSAL LUKAS RUMAH SAKIT PANTI RAPIH

Kujala, Leonardus Gusti (2019) PENGARUH EMOTIONAL EXHAUSTION TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERAWAT DI BANGSAL LUKAS RUMAH SAKIT PANTI RAPIH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM20245.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Emotional exhaustion sangatlah berpengaruh terhadap tingkat semangat karyawan dalam bekerja. Banyaknya karyawan yang memiliki emotional exhaustion, maka akan cenderung terjadi turnover intention. Semakin tinggi tingkat emotional exhaustion maka tingkat turnover intention akan semakin tinggi. Sedangkan semakin rendah tingkat emotional exhaustion maka tingkat turnover intention juga akan semakin rendah. Perlunya sosok pemimpin yang tepat agar tingkat emotional exhaustion dapat diredam dan tentu juga akan meredam tingkat turnover intention. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh emotional exhaustion terhadap turnover intention dengan kepemimpinan transformasional sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dan objek penelitiannya adalah perawat di Bangsal Lukas. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 47 perawat. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi. Hasil penelitian diketahui bahwa, 1) Emotional exhaustion memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan turnover intention perawat di Bangsal Lukas Rumah Sakit Panti Rapih. 2) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan turnover intention perawat di Bangsal Lukas Rumah Sakit Panti Rapih. 3) Kepemimpinan transformasional secara signifikan mampu memoderasi (melemahkan) pengaruh negatif emotional exhaustion terhadap turnover intention.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: emotional exhaustion, turnover intention, kepemimpinan transformasional
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:22
Last Modified: 16 Apr 2019 03:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item View Item