Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pencarian informasi dalam Membangun Pertemanan (Studi Kasus Remaja di Desa Pulau Telo, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah)

Totosetyo, Flabianus (2019) Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pencarian informasi dalam Membangun Pertemanan (Studi Kasus Remaja di Desa Pulau Telo, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada era digital sekarang memudahkan dalam melakukan pencarian informasi terlebih untuk memulai pertemanan. Media sosial dalam hal ini sebagai representasi di dunia maya menjadikan segala informasi kita berikan di sana. Teori pengurangan ketidakpastian diperlukan informasi untuk mengurangi ketidakpastian dalam pencarian informasi itu ada beberapa strategi yaitu strategi pasif yang di mana strategi pasif ini menggunakan media sosial dalam memulai pertemanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana Pencarian informasi untuk memulai pertemanan pada remaja di Desa Pulau Telo. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa informan menggunakan media sosial dengan motif-motif yang berbeda keempat informan mereka lebih ingin mengenal seseorang lewat media sosial seperti dengan melihat deskripsi profil, foto dan aktivitas lainya yang dilakukan oleh orang tersebut. Selain itu informan juga dapat melakukan mengawasi setiap apa yang dilakukan di media sosial. Tahapan pencarian informasi inilah yang selalu dilakukan informan dalam memulai pertemanan mereka. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sangat memudahkan informan dalam melakukan pencarian informasi. Kondisi ini mengambarkan bahwa sangat berkembangnya strategi pasif dalam era media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teori Pengurangan Ketidakpastian, Media Sosial, Pencarian Informasi dan Pertemanan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:35
Last Modified: 16 Apr 2019 03:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item