Pelaksanaan Program Advokasi Informasi Mitra Wacana Women Resource Centre (WRC) dalam Upaya Penanggulangan Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Desa Grabag, Kabupaten Purworejo

Ferdinand, Maria Sanctisima Anastasia (2013) Pelaksanaan Program Advokasi Informasi Mitra Wacana Women Resource Centre (WRC) dalam Upaya Penanggulangan Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Desa Grabag, Kabupaten Purworejo. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS03510.pdf

Download (2480Kb)
[img] Text (Bab I)
1SOS03510.pdf

Download (1103Kb)
[img] Text (Bab II)
2SOS03510.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1053Kb)
[img] Text (Bab III)
3SOS03510.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2530Kb)
[img] Text (Bab IV)
4SOS03510.pdf

Download (3563Kb)

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, baik secara kuantitas maupun secara kualitas. Pada tahun 2010 Pulau Jawa merupakan wilayah yang memiliki angka kekerasan terhadap perempuan tertinggi di Indonesia, termasuk juga didalamnya adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Pada tingkat Provinsi, Jawa Tengah merupakan wilayah dengan angka kekerasan terhadap perempuan tertinggi sedangkan pada tingkat Kabupaten, Purworejo memiliki angka tertinggi. Berdasarkan pada kondisi tersebut, maka Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Wacana Women Resource Centre (WRC) sebagai Pusat Layanan Informasi Perempuan berupaya melakukan pemberdayaan terhadap kaum perempuan di Kabupaten Purworejo, dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, demokratis, pluralis dan egaliter. Upaya tersebut dijalankan melalui program advokasi informasi, salah satunya di Desa Grabag, Kabupaten Purworejo. Dari upaya yang dilakukan tersebut, pada akhirnya penulis tertarik untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan program advokasi informasi Mitra Wacana WRC sebagai upaya dalam menanggulangi tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Desa Grabag, Purworejo serta apakah pelaksanaan program advokasi informasi efektif dalam upaya menurunkan jumlah KDRT, di Desa Grabag, Purworejo? Melalui penelitian deskriptif kualitatif penulis ingin mengungkap fakta yang mendalam tentang pelaksanaan program advokasi informasi, dengan lokasi penelitian di Desa Grabag, Purworejo. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Participative Observation, wawancara, studi dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah, antara lain, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi data. Upaya yang dilakukan oleh Mitra Wacana WRC dalam melaksanakan advokasi informasi berjalan efektif yaitu dapat memberi pengaruh yang positif bagi kaum perempuan di Desa Grabag, meskipun jumlah KDRT tahun 2012 meningkat. Pengaruh positif tersebut yaitu munculnya kesadaran kritis pada kaum perempuan tentang kesataraan gender. Kesadaran kritis tersebut menjadikan mereka berani untuk melawan ketidakadilan yang mereka alami dengan mengangkat peristiwa yang mereka alami ke publik bukan menyembunyikannya menjadi masalah pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan terhadap Perempuan (KtP), Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Advokasi, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:20
Last Modified: 01 May 2013 13:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item