EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS UNTUK PERJALANAN DINAS (STUDI PADA BADAN KEUANGAN DAERAH (BKD) KABUPATEN KAPUAS HULU)

Eligia, Juneva Anggelina (2019) EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS UNTUK PERJALANAN DINAS (STUDI PADA BADAN KEUANGAN DAERAH (BKD) KABUPATEN KAPUAS HULU). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20463.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar efektivitas sistem pengendalian internal pengeluaran kas untuk perjalanan dinas yang terdapat pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kapuas Hulu. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan inspeksi dokumen-dokumen terkait transaksi pengeluaran kas untuk perjalanan dinas. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji komponen dan uji kepatuhan pengendalian internal atas siklus pengeluaran kas. Uji komponen pengendalian internal dilakukan untuk mengetahui apakah pengendalian internal sudah memadai. Uji kepatuhan digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian internal yang terdapat pada Badan Keuangan Daerah telah dipatuhi. Uji komponen pengendalian internal dilakukan melalui analisis kelima komponen pengendalian internal yang terdapat di Badan Keuangan Daerah (BKD). Uji kepatuhan pengendalian internal dilakukan dengan menginspeksi dokumen yang terkait dengan pengeluaran kas untuk perjalanan dinas. Inspeksi dokumen dilakukan dengan metode attribute sampling dan model stop-or-go sampling. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rancangan pengendalian internal transaksi pengeluaran kas untuk perjalanan dinas dalam hal desain dan implementasi pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu sudah efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Siklus Pengeluaran Kas, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kapuas Hulu
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:06
Last Modified: 16 Apr 2019 04:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item