DATA MINING UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK ITEM DENGAN ASSOCIATION RULES

YONATAN, BENEDICTUS EDWIN (2019) DATA MINING UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK ITEM DENGAN ASSOCIATION RULES. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI07753.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Toko atau retail merupakan tempat yang menjual berbagai macam produk kebutuhan konsumen. Barang atau produk yang dijual terdiri dari berbagai macam jenis, sesuai dengan jenis toko atau retail tersebut. Toko atau retail akan selalu mengedepankan kepuasan konsumen dari segi harga, kualitas produk, dan pelayanannya. Dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen tersebut, maka terjadilah persaingan antar toko atau retail untuk menarik konsumen membeli produk di toko atau retail mereka. Untuk mengatasi persaingan dunia bisnis ini, pemilik toko haruslah pandai dalam mengatur seluruh sistem yang mendukung kegiatan penjualan seperti persediaan stok, kualitas, dan harga. Persediaan barang merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah retail, agar proses penjualan dapat berjalan lancar. Persediaan haruslah dikendalikan agar tidak mengakibatkan munculnya kerugian baik dalam biaya penyimpanan barang atau kerugian karena kekurangan barang persediaan. Metode yang digunakan dalam pengendalian persediaan adalah metode Association Rule dengan metode Apriori dan metode Klasifikasi ABC. Metode ini digunakan untuk menentukan produk yang saling memiliki keterkaitan dan untuk mengelompokkan jenis barang berdasarkan kelasnya. Metode ini juga melihat pola beli konsumen dalam menggunakan barang. Dengan dilakukan analisis ini, maka dapat membantu Toko Plastik Jaya dalam hal mengatur dan mengendalikan persediaan barang di toko plastik. Hasil dari penelitian ini berupa informasi mengenai karakteristik item yang dijual, baik hubungan antar item dan kelas-kelas item yang ada. Hubungan antar item ini menjelaskan item apa yang sering dibeli secara bersamaan dalam satu transaksi sehingga dapat mengelola stok dengan baik, sehingga tidak akan terjadi kasus stock out. Berdasarkan hasil penelitian untuk data mining ditemukan pasangan item yang unik dan belum disadari oleh pemilik toko yaitu item sendok teh dan cup ukuran 60 ml. Dengan data mining dan klasifikasi ABC, dihasilkan bahwa item-item yang sering laku dan dibeli secara bersamaan sebagian besar masuk ke dalam kelas A yang menunjukkan item tersebut memberikan kontribusi keuntungan paling besar dalam total penjualan. Selain item kelas A, juga ada item yang masuk dalam kelas B yaitu cup ukuran 90 ml, plastik ukuran 23 x 35, sendok teh, cup ukuran 60 ml, gelas frutang, dan tas gelas isi 1. Hasil keterkaitan juga menunjukkan bahwa ada satu item yang masuk dalam kelas C yaitu tutup cup ukuran 90 ml.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Retail, Data Mining, Klasifikasi ABC, Association Rule.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:39
Last Modified: 23 Apr 2019 02:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18424

Actions (login required)

View Item View Item