KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BELANJA ONLINE DI INDONESIA

PATRIA, SINTIYA YULIDAVIN (2019) KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BELANJA ONLINE DI INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI07975.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan usaha khususnya bisnis toko online tidak didapatkan oleh semua pelaku bisnis. Hal ini dapat dilihat dengan mudah dengan fasilitas yang ada pada Virtual Marketplace. Salah satunya adalah bintang atau rating yang didapat toko online. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi salah satunya karena strategi yang dijalankan oleh toko bisnis online tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan toko online kemudian akan digunakan sebagai dasar perumusan usulan strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis toko online dengan harapan dapat meningkatkan penjualannya. Penelitian ini menggunakan 4 variabel yang didasarkan pada penelitian terdahulu yaitu variabel kepercayaan, variabel kualitas pelayanan, variabel harga, dan variabel ulasan produk. Responden dalam penelitian ini merupakan responden yang mempunyai pengalaman belanja online di Virtual Marketplace indonesia dengan jumlah 150 responden. Dari 150 responden disusun 6 kelompok data yaitu kelompok data responden keseluruhan, data responden usia 15-24 tahun, responden laki-laki, responden perempuan, responden dengan pendapatan di bawah UMR, dan responden dengan pendapatan di atas UMR. Masing-masing kelompok data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan didapatkan variabel yang berpengaruh pada keputuasan pembelian masing-masing kelompok data. Hasil analisis yang didapatkan adalah variabel harga dan variabel ulasan produk memiliki pengaruh terhadap pengolahan kelompok data manapun dengan variabel ulasan produk sebgai faktor utama dalam keputusan pembelian untuk data kelompok responden keseluruhan, responden usia 15-24 tahun, dan responden perempuan, sedangkan responden pendapatan di bawah UMR variabel harga sebagai faktor utamanya. Kelompok data laki-laki dan responden dengan penghasilan di atas UMR tidak selalu memprioritaskan variabel-variabel tersebut. Hasil analisis digunakan sebagai dasar perumusan usulan strategi dan didapatkan strategi yang diusulkan untuk menganlisis. Strategi variabel harga yang diusulkan adalah memberikan harga dengan range beragam, terdapat harga reseller, pengadaan promo harga, diadakan giveaway, memilih supplier toko yang tepat. Strategi variabel ulasan produk yang diusulkan adalah pemberian tanggapan atau balasan pada kolom penilaian positif maupun negatif, perbaikan sistem yang membuat konsumen tidak puas, dan memberikan pelayanan yang terbaik dalam upaya mendapatkan ulasan produk yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Virtual Marketplace, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga, Ulasan Produk
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:47
Last Modified: 23 Apr 2019 02:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18427

Actions (login required)

View Item View Item