EVALUASI SAP DI MODUL MARKETING PT. X (DIVISI STAMPING & TOOLS) BERDASARKAN PERFORMANCE ATTRIBUTE MODEL SCOR (SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE)

KUSUMA, BAGUS TRIJAYA (2019) EVALUASI SAP DI MODUL MARKETING PT. X (DIVISI STAMPING & TOOLS) BERDASARKAN PERFORMANCE ATTRIBUTE MODEL SCOR (SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI08067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat menciptakan standar kompetisi yang semakin tinggi antar perusahaan. Setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja sistem informasi yang efektif dan efisien untuk mendapatkan strategi respon yang cepat dan akurat dalam pelayanan pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, PT. X membeli software SAP sejak tahun 2014, dimana untuk pengembangan program ditangani oleh bagian IT perusahaan sendiri. Pembelian software ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan sehingga mempunyai daya saing terhadap perusahaan kompetitor sejenis. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak manajemen, hingga tahun 2018 implementasi SAP di Divisi Stamping & Tools dirasa masih mengalami banyak kendala. Evaluasi dilakukan sebagai tindakan awal perbaikan, dengan mengetahui apakah flowchart aliran SAP yang sudah ditetapkan oleh perusahaan sudah sesuai dengan flowchart aliran SAP pada kondisi aktual. Selain itu evaluasi dilakukan mengetahui apakah fasilitas yang ada pada modul marketing sudah sesuai dengan standar performance attribute, megingat pengembangan program dilakukan oleh bagian IT perusahaan sendiri sesuai permintaan dari tiap bagian, tanpa mempertimbangkan standar proses bisnis yang ada. Standar performance attribute yang digunakan untuk mengevaluasi fasilitas SAP pada modul marketing pada penelitian ini yaitu supply chain operation reference (SCOR) yang dikembangkan oleh Supply Chain Council (SCC). Untuk melakukan evaluasi fasilitas SAP modul marketing pada kondisi aktual, digunakan performance attribute berdasarkan model SCOR yaitu plan deliver. Hasil tahap awal evaluasi menunjukkan bahwa flowchart aliran SAP ketetapan perusahaan berbeda dengan flowchart aliran SAP secara aktual. Tahap akhir dari evaluasi ini yaitu mengetahui hasil perbandingan fasilitas SAP modul marketing Divisi Stamping & Tools PT. X dengan performance attribute model SCOR

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: System Application in Data Processing (SAP), Evaluasi, Supply Chain Operation Reference (SCOR)
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:54
Last Modified: 23 Apr 2019 02:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18429

Actions (login required)

View Item View Item