PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA HOMOSEKSUAL MELALUI APLIKASI GRINDR (Studi Deskriptif Kualitatif Berdasarkan Teori Penetrasi Sosial)

ANSORI, ELVIRA TRI (2019) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA HOMOSEKSUAL MELALUI APLIKASI GRINDR (Studi Deskriptif Kualitatif Berdasarkan Teori Penetrasi Sosial). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM052970.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM052971.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM052972.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
KOM052973.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM052974.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eksistensi kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Bisex, and Transgender) di Indonesia patut diperhitungkan meskipun banyaknya diskriminasi yang diterima dari masyarakat sekitar yang menyebabkan kelompok LGBT tidak mendapatkan kebebasan berbicara selayaknya yang tercantum dalam UU HAM No.39 Tahun 1999 (UNDP, 2014, h. 61). Hal inilah yang memicu adanya platform chatting dari perkembangan media baru yang dapat dijadikan tempat para LGBT khususnya gay atau homoseksual menjalin komunikasi antar sesama yang dapat diakses melalui smartphone yaitu Grindr. Melalui aplikasi Grindr para kaum homoseksual dapat menjalin proses hubungan komunikasi secara interpersonal (dua orang) dengan sesamanya secara lebih intim tanpa perlu khawatir akan adanya pandangan negatif dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data yakni wawancara dari 2 orang partisipan. Proses pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data lalu kemudian menganalisis. Penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi interpersonal melalui media baru seperti aplikasi Grindr hanya terjadi pada tahap pengenalan dari teori penetrasi sosial dan tetap membutuhkan adanya komunikasi tatap muka. Dalam penelitian ini, terdapat beberapa ciri khas yakni lebih mudah, tepat dan cepat; penggunaan bahasa/kata yang singkat, terdapat fitur sticker dan butuh adanya konfirmasi sesuai dengan karakteristik media baru; dan memiliki konteks pesan seksualitas tertentu yang berkaitan dengan LGBT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Penetrasi Sosial, Self-Disclosure.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 01:59
Last Modified: 25 Apr 2019 01:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18448

Actions (login required)

View Item View Item