PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI BRAND ACTIVATION HARTONO MALL YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER BRAND EXPERIENCE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Event ‘Sacred Halloween’ di Hartono Mall Yogyakarta Tahun 2018)

APRIALIM, BELLA (2019) PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI BRAND ACTIVATION HARTONO MALL YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER BRAND EXPERIENCE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Event ‘Sacred Halloween’ di Hartono Mall Yogyakarta Tahun 2018). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM055920.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM055921.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM055922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BBA III)
KOM055923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BBA IV)
KOM055924.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hartono Mall Yogyakarta sebagai mal yang terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah memerlukan strategi khusus untuk mempertahankan eksistensi dari bisnis shopping mall. Hartono Mall Yogyakarta merupakan pengembangan dari Hartono Mall Solo oleh PT. Delta Merlin Dunia yang melakukan komunikasi pemasaran dalam bentuk event, salah satunya event ‘Sacred Halloween’ yang menjadi tema khusus pada Bulan Oktober 2018 dalam rangka Hari Halloween. Event ‘Sacred Halloween’ adalah rangkaian dari Top 17 Fabulous Event 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober sampai 4 November 2018. Event ‘Sacred Halloween’ diselenggarakan karena Hartono Mall Yogyakarta merasa penting untuk menghadirkan suasana perayaan tertentu yang dibutuhkan pada era milenial serta menunjukkan karakter mal yang tematik sehingga pengunjung menjadi tertarik dan puas dengan pengalaman layanan yang diberikan. Event ‘Sacred Halloween’ merupakan bentuk aplikasi dari brand activation yang ditujukan untuk mengaktivasi merek kepada konsumen melalui interaksi dan pengalaman sehingga menimbulkan pemahaman terhadap merek dengan lebih baik serta tercipta hubungan yang lebih erat antara merek dan konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan implementasi event ‘Sacred Halloween’ Hartono Mall Yogyakarta dalam menciptakan customer brand experience dengan menggunakan teori tentang brand activation dan customer brand experience melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan konsep yang digunakan, tahapan perencanaan yang pertama memperoleh hasil bahwa target audiens yang dituju adalah anak-anak sesuai dengan konsep family mall karena menargetkan anak-anak akan memperluas target audiens seperti anggota keluarga yang lain. Pada tahap selanjutnya, mencari wawasan konsumen, Hartono Mall Yogyakarta mencoba berbaga event sejak awal berjalannya operasional di tahun pertama berdiri. Temuan data menunjukkan bahwa event anak-anak paling sukses dan berhasil sehingga event lebih didominasi untuk kalangan anak-anak. Tahap berikutnya, menentukan tema ‘Sacred Halloween’ yang diambil dari definisi dan sejarah perayaan Halloween yang berarti malam arwah orang kudus sehingga kata ‘sacred’ dipilih karena bermakna suci atau sakral. Tema ditentukan oleh divisi marcomm yang kemudian diajukan kepada GM untuk diseleksi tanpa melibatkan pihak ketiga. Tahap terakhir dari proses perencanaan adalah menentukan saluran komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan event. Saluran komunikasi tersebut antara lain semua media in-mall promotion (flyer, poster, digital banner, vertical banner, media sosial, TVC) dan billboard di dua lokasi (Ringroad dan Seturan). x Perencanaan yang telah dilakukan akhirnya diimplementasikan yang diawali dengan ajakan terhadap konsumen terlibat pada event ‘Sacred Halloween’ melalui promosi di media komunikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Konsumen yang terlibat selanjutnya memperoleh pengalaman berupa nuansa, suasana, dan kegiatan bertema Halloween sesuai tujuan dari pelaksanaan event ‘Sacred Halloween’. Pengalaman yang dirasakan tersebut kemudian semakin diperdalam lagi dengan mengunggah pada media sosial Instagram Hartono Mall Yogyakarta berupa foto, video, bahkan livestreaming. Implifikasi ini ditujukan, baik untuk mereka yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hartono Mall Yogyakarta mampu menerapkan perencanaan dan implementasi brand activation pada event ‘Sacred Halloween’ sesuai dengan teoritiknya. Hasil tersebut juga membuktikan dari teori yang digunakan dapat mencapai customer brand experience yang diharapkan oleh Hartono Mall Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: event, brand activation, customer brand experience
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:12
Last Modified: 25 Apr 2019 03:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18453

Actions (login required)

View Item View Item