STRATEGI PESAN DALAM KOMUNIKASI KRISIS TAMAN SRIWEDARI SOLO (Studi Kasus Penutupan Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo)

SETYANTO, NATANAEL JIMMY (2018) STRATEGI PESAN DALAM KOMUNIKASI KRISIS TAMAN SRIWEDARI SOLO (Studi Kasus Penutupan Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada komunikasi krisis dengan aspek strategi pesan dalam proses manajemen krisis yang digunakan oleh Taman Sriwedari Solo dalam merespon krisis kasus penutupan salah satu asetnya yaitu Taman Hiburan Rakyat (THR). Tujuan dari penelitian ini terdapat tiga, yaitu yang pertama untuk mendeskripsikan persepsi dari krisis penutupan THR tersebut, yang kedua adalah untuk mendeskripsikan manajemen krisis yang dilakukan oleh Taman Sriwedari, dan yang ketiga adalah untuk mendeskripsikan strategi pesan yang digunakan dalam manajemen krisis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dengan narasumber yaitu FOKSRI (Forum Komunikasi Sriwedari), Dinas Pariwisata Solo, dan Dinas Kebudayaan Solo. Hasil penelitian ini adalah yang pertama krisis direferensikan dengan adanya perubahan dan terjadi mengikuti model empat tahapan Fink yaitu tahap prodromal, tahap akut, tahap kronik, dan tahap resolusi. Yang kedua, proses manajemen krisis yang dilakukan sesuai dengan model tiga tahapan Smith yaitu crisis management, operational cirisis, dan crisis of legitimization. Yang ketiga, penelitian ini menemukan bahwa strategi pesan yang digunakan oleh Taman Sriwedari adalah reducing offensiveness atau mengurangi serangan dengan spesifikasi diferensiasi yaitu memisahkan konteks krisis penutupan THR yang sempit menjadi konteks yang lebih luas bahwa Taman Sriwedari akan ditata ulang dan menjadi pusat seni dan budaya. Tujuan berkomunikasi mengenai citra terhadap krisis adalah reaffirmation yaitu menegaskan kembali citra yang sudah ada sebelumnya dengan justifikasi apologia berupa penjelasan kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Krisis, Komunikasi Krisis, Strategi Pesan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:14
Last Modified: 25 Apr 2019 03:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item