PUSAT SENI PERTUNJUKAN TRADISIONAL YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA DI SLEMAN

ISTIKALANI, AGATA (2019) PUSAT SENI PERTUNJUKAN TRADISIONAL YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA DI SLEMAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AGATA ISTIKALANI)
TA14301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Seni pertunjukan tradisional di Yogyakarta berangsur-angsur kehilangan peminatnya karena kurangnya fasilitas pertunjukan berupa gedung pementasan seni, ruang berkumpul organisasi dan fasilitas lain yang mendukung keberlangsungan seni pertunjukan tradisional. Pusat seni pertunjukan tradisional Yogyakarta diharapkan menjadi tempat mengembangkan dan melestarikan seni pertunjukan bagi para penggiat seni, wadah pendidikan dan menikmati seni pertunjukan. Bangunan pusat seni pertunjukan tradisional Yogyakarta memerlukan karakter yang kuat untuk mewujudkan jati dirinya yakni menjadi sarana edukatif dan rekreatif. Pendekatan yang dipilih dalam perancangan ini dengan sudut pandang arsitektur metafora, yang lebih spesifik dalam metafora kombinasi (combined methaphor) karena memudahkan penerapan dari segi filosofi maupun bentuk fisik bangunan. Pemilihan burung Jatayu sebagai obyek untuk interpretasi bangunan berbentuk burung garuda dengan sayap yang mengembang. Pendekatan arsitektur metafora diterapkan dalam penataan tata ruang luar dan tampilan bangunan pusat seni pertunjukan tradisional Yogyakarta. Metafora kombinasi (combined methaphor) diambil dari ciri fisik lakon Jatayu dalam wayang Ramayana ditekankan untuk pembentukan penataan tata ruang luar dan tampilan bangunan dan konsep filosofi organ tubuh seekor burung garuda ditekankan untuk pembagian zonasi ruang dan massa bangunan tepat diterapkan pada pusat seni pertunjukan tradisional Yogyakarta di Sleman. Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan konsep yang diperoleh adalah penerapan bangunan dengan pengolahan tata ruang luar dan tampilan bangunan. Bagian–bagian tata ruang yang akan diolah sebagai penekanan studi meliputi siteplan, zonasi, hubungan antar ruang, view internal dan eksternal dan tampilan bangunan ditekankan pada bentuk dan ekspresi bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat seni pertunjukan tradisional Yogyakarta, metafora kombinasi (combined methaphor), burung Jatayu.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:49
Last Modified: 25 Apr 2019 03:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18460

Actions (login required)

View Item View Item