Vidiadari, Irene Santika (2019) Wacana Komodifikasi Pendidikan pada Iklan Baliho Univesitas Swasta di Kota Yogyakarta. UAJY.
Text
KOM_Irene Santika Vidiadari_Wacana Komodifikasi Pendidikan pada Iklan Baliho Univesitas Swasta di Kota Yogyakarta.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi pendidikan di Indonesia, tidak heran jika Yogyakarta disebut sebagai Kota Pelajar. Hal ini ditunjukkan melalui jumlah mahasiswa baru yang datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan setiap tahunnya baik yang menyasar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Data dari Ristekdikti (2018) jumlah mahasiswa aktif di Yogyakarta sendiri mencapai 170.000 orang. Sedangkan menurut laporan Putsanra (2017), jumlah mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta mencapai 50.000 orang mahasiswa. Jumlah mahasiswa ini diserap oleh 107 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang menawarkan beragam program studi. Persaingan untuk mendapatkan mahasiswa ini menyebabkan promosi perguruan tinggi gencar dilaksanakan. Promosi yang dilakukan oleh PTS cukup beragam. Mulai dari menggunakan media konvensional seperti brosur, baliho, iklan di media cetak dan media elektronik, hingga promosi melalui media daring. Salah satu media yang dipakai untuk promosi adalah baliho yang ditempatkan pada lokasi-lokasi strategis. Baliho menjadi media promosi dua dimensi yang strategis memperkuat ingatan khalayak tentang ide-ide mengenai produk tertentu. Tak terkecuali dalam pendidikan. Baliho dimanfaatkan untuk mempromosikan pendidikan tinggi yang ditawarkan oleh universitas swasta. Penelitian ini membahas mengenai wacana komodifikasi pendidikan dalam baliho universitas swasta di Yogyakarta dengan menggunakan analisis multimodal Gunther Kress dan Theo van Leuween. Analisis ini membedah teks baliho dan melihat aspek visual dan linguistik serta relasi keduanya untuk membangun wacana tentang komodifikasi pendidikan. Baliho yang menjadi objek penelitian merupakan baliho yang dipasang pada kelas jalan B2 hingga A1 di area kota Yogyakarta. Hasil temuan di penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sebagai komoditas dimunculkan melalui baliho dalam rangka membujuk audiensnya melalui modifikasi pesan visual dan linguistik, seperti: modifikasi pesan mengenai kesuksesan studi, peluang kerja, prestasi institusi, dan kerjasama antar lembaga yang ditunjukkan melalui gambar pembangunan fisik dan pembangunan sumber daya manusia. Terkait promosi, wacana pendidikan muncul dengan membangun reputasi, prospek dan varian pilihan produk pendidikan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Billboard, commodification, education, multimodal analysis, promotions |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:44 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 03:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18471 |
Actions (login required)
View Item |