MODEL MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ITIL DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Gunawan, Hendro (2019) MODEL MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ITIL DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. UAJY.

[img] Text
SI_Hendro Gunawan_MODEL MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ITIL DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini dengan lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, informasi memiliki peran yang sangat penting. Hal ini membuat perusahaan membutuhkan sumber daya dan infrastruktur untuk menjalankan aktivitas bisnis mereka. Teknologi Informasi (TI) menyediakan lingkungan operasi standar untuk melakukan kegiatan bisnis ini. Semakin berkembangnya lingkungan TI, manajemen juga semakin sulit dan kompleks. Perusahaan saat ini telah banyak menggunakan Teknologi Informasi (TI) untuk menangani bisnis sehari-hari mereka yang meningkat dengan sangat cepat. Perusahaan-perusahaan ini semakin hari semakin bergantung pada layanan TI dan pemrosesan komputasi, itulah sebabnya mereka harus mempertimbangkan untuk membangun dan menerapkan IT Service Management (ITSM) yang jelas dan yang dapat mengontrol semua layanan TI dengan lebih baik. Salah satu framework ITSM adalah Information Technology Infrastructure Library (ITIL), yang merupakan framework yang banyak diadaptasi perusahaan-perusahaan saat ini. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu universitas swasta besar di Yogyakarta juga semakin kompleks dalam memberikan pelayanan kepada sivitas akademiknya. UAJY tidak lepas juga dalam penggunaan TI untuk melayani dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Penggunaan TI di dalam UAJY terwujud dalam berbagai layanan yang dapat menunjang kebutuhan setiap pengguna. Dengan berbagai aplikasi yang telah ada di UAJY, namun ada juga beberapa layanan yang masih belum tersedia baik bagi mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat layanan TI apa saja yang sudah tersedia dan belum tersedia dalam ruang lingkup pelayanan kepada mahasiswa. Setelah diketahui kebutuhan TI yang belum ada saat ini, maka akan dibuat sebuah model layanan TI untuk mahasiswa menggunakan framework ITIL. Model yang dibangun pada penelitian ini pada tahap service strategy. Ruang lingkup yang digunakan dalam penelitian ini adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Penelitian ini menghasilkan model manajemen layanan TI yang dapat diterapkan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: ITIL, ITSM, service strategy
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:40
Last Modified: 03 May 2019 02:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item