PENERAPAN ETIKA FOTO DI TRIBUNNEWS.COM (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Etika Foto Jurnalistik di TRIBUNNEWS.COM dalam Pemuatan Berita Foto Kecelakaan Bus di Tanjakan Emen Subang)

ANGGA, VINSENSIUS (2019) PENERAPAN ETIKA FOTO DI TRIBUNNEWS.COM (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Etika Foto Jurnalistik di TRIBUNNEWS.COM dalam Pemuatan Berita Foto Kecelakaan Bus di Tanjakan Emen Subang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VINSENSIUS ANGGA)
KOM04592.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Etika adalah persoalan hati nurani, bukan tentang siapa yang benar atau siapa yang salah Persoalan etika memang tidak mudah dipahami, secara sederhana, etika adalah baik buruknya tingkah laku manusia, oleh karena itu, etika bersifat mutlak dan berlaku secara umum (Gani & Kusumalestari, 2013). Pernyataan tersebut mengartikan bahwa setiap orang memiliki „etika‟ nya masing-masing yang diperoleh dari pengalaman hidupnya. Manusia berkembang dengan sendirinya untuk mengasah etika yang ada di dalam dirinya, namun dalam penerapannya, etika akan selalu dibatasi dan berjalan bersama dengan aturan main yang sudah ditentukan oleh suatu yang resmi dan bersifat mengikat. Sama halnya dalam jurnalistik, etika juga turut serta dalam proses pembuatan dan pemuatan berita di tiap media. Batasan yang digunakan di dalam jurnalistik untuk membatasi etika yaitu Kode Etik Jurnalistik yang secara resmi sudah disetujui oleh Dewan Pers di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, membahas masalah penerapan etika foto jurnalistik di Tribunnews.com terkait pemuatan berita foto Kecelakaan Bus di Tanjakan Emen Subang. Tribunnews.com digunakan sebagai objek penelitian dengan subjek penelitiannya adalah Danny Permana selaku Editor Foto di Tribunnews.com serta Irwan Rismawan dan Herudin selaku wartawan foto di Tribunnews.com. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap ketiga subjek yang sudah disebutkan. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa Tribunnews.com terkait proses pemuatan berita foto Kecelakaan Bus di Tanjakan Emen Subang mendapatkan kesulitan dikarenakan sedikitnya sumber daya manusia yang mengelola dan mengatur satu Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penetapan Etika Foto, Tribunnews.com, Foto Jurnalistik
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Apr 2019 05:30
Last Modified: 30 Apr 2019 05:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18498

Actions (login required)

View Item View Item