KURNIAWAN, ADITYA JULIANTO (2019) Implementasi Komunikasi Pemasaran dalam Membentuk Brand Awareness pada Brand Fashion Rianty Batik. S1 thesis, UAJY.
Text (ADITYA JULIANTO KURNIAWAN)
KOM05273.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran digunakan oleh para pengusaha saat ini khususnya para pengusaha batik di Indonesia. Salah satu daerah penghasil batik yang sedang berkembang adalah Yogyakarta, dengan data yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan industri pariwisata di Yogyakarta yang mencapai 4,7 juta wisatawan domestik, serta 397.000 wisatawan mancanegara pada tahun 2017. Salah satu data juga menyebutkan bahwa salah satu daerah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan tersebut adalah Malioboro, disusul dengan beberapa event tahunan seperti Artjog dan Jogja Internasional Heritage Walk. Di sepanjang Jalan Malioboro itulah menjamur toko batik yang saling bersaing seperti Hamzah Batik, Danar Hadi, Batik Surya, dll. Kondisi tersebut membuat para pelaku bisnis semakin mampu memperkenalkan batik dari Yogyakarta dapat dikenal oleh seluruh dunia, namun banyaknya pelaku bisnis ini juga telah memunculkan persaingan. Sehingga beragam cara dilakukan oleh Rianty Batik, melalui komunikasi dengan para konsumen atau calon konsumen. Fenomena ini membuat berbagai cara harus dilakukan demi membuat suatu brand menjadi diingat oleh calon konsumen. Strategi komunikasi pemasaran menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan untuk dapat membuat brand kita diingat oleh para calon konsumen. Bentuk strategi ini dapat dilakukan pula melalui penggunaan media yang strategis, misalnya media offline, media online atau platfom-platfom media sosial lainnya. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Subyek penelitian ini tiga orang yakni CEO Rianty Batik dan dua marketing Rianty Batik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Melakukan promosi merupakan hal yang wajar, tetapi jika promosi yang dilakukan memiliki orientasi pada kesadaran sebuah merek dengan menggunakan pesan yang menarik dalam setiap materinya. Hal tersebut yang membuat unik sebab di dalam eksekusinya Rianty Batik memiliki begitu banyak program. Hal ini juga memicu kerjasama yang dilakukan oleh Rianty Batik untuk menunjang kelancaran program. Oleh karena itu strategi komunikasi pemasaran menjadi relevan dengan orientasi pada kesadaran atas merek untuk menyiasati persaingan bisnis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, komunikasi pemasaran, brand awareness, batik, promosi. |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 02 May 2019 02:08 |
Last Modified: | 02 May 2019 02:08 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18513 |
Actions (login required)
View Item |