REPRESENTASI NILAI-NILAI MOTIVASI DALAM FILM WHIPLASH

SIPAYUNG, NATHANAEL ZIO (2019) REPRESENTASI NILAI-NILAI MOTIVASI DALAM FILM WHIPLASH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Nathanael Zio Sipayung)
KOM05497.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Film merupakan media komunikasi massa, yang berarti film merupakan media komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Pesan yang disampaikan dalam film dapat bermacam-macam, tergantung dari bagaimana para penonton memahami peristiwa-peristiwa dalam film tersebut dan memperoleh makna dari semuanya itu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana suatu konsep pesan, yaitu nilai-nilai motivasi, yang digambarkan melalui bahasa, tanda-tanda, atau simbol-simbol yang terdapat dalam film Whiplash. Peneliti menggunakan konsep representasi dan metode semiotika Roland Barthes dalam penelitian ini. Representasi yaitu cara kita dalam memaknai sesuatu terkait bahasa, tanda-tanda dan simbol-simbol berdasarkan pikiran kita yang kemudian kita sampaikan melalui bahasa atau kata-kata kita sendiri. Semiotika Roland Barthes memiliki dua level pemaknaan, yaitu denotasi dan konotasi yang dapat digunakan untuk menemukan makna yang mendalam terkait konsep pesan nilai-nilai motivasi yang dapat ditemukan melalui bahasa, tanda-tanda, atau simbol-simbol dalam film Whiplash. Melalui temuan data dan analisis dalam penelitian ini, diperoleh representasi nilai-nilai motivasi dalam film Whiplash. Representasi nilai-nilai motivasi tersebut diantaranya adalah keinginan untuk mendapatkan dukungan dari orang lain, keinginan untuk menggapai harapan dan cita-cita, kesiapsediaan untuk bergerak ke arah tujuan, serta mampu bertahan menghadapi proses yang sulit atau menyakitkan. Nilai-nilai motivasi yang ditunjukkan oleh film ini dapat menjadi pesan positif bagi orang-orang, khususnya bagi para anak muda untuk memiliki ambisi, yaitu keinginan yang kuat untuk sukses dalam mengejar tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Film, Representasi, Motivasi, Semiotika, Roland Barthes.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 May 2019 03:16
Last Modified: 02 May 2019 03:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item