MOTIVASI MAHASISWI MELAKUKAN AKTIVITAS BELANJA ONLINE DALAM AKUN INSTAGRAM ADORABLE PROJECTS SECARA HABITUAL BUYING BEHAVIOR

SARASWATI, VINSENSIA (2019) MOTIVASI MAHASISWI MELAKUKAN AKTIVITAS BELANJA ONLINE DALAM AKUN INSTAGRAM ADORABLE PROJECTS SECARA HABITUAL BUYING BEHAVIOR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VINSENSIA SARASWATI)
KOM05287.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat guna mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitas belanja online yang nyatanya saat ini menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan oleh konsumen dalam sebuah platform media sosial. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa. Peneliti menggunakan metode deskripsi kualitatif guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam mengenai motivasi pembelian secara habitual buying behavior pada media sosial Instagram. Peneliti menggunakan wawancara dan observasi dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya media sosial yang pada hakekatnya adalah sebuah media bersosialisasi nampaknya saat ini dapat digunakan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan akan sandang. Sandang adalah kebutuhan pokok guna melindungi tubuh manusia. Namun disamping hal tersebut selain memenuhi kebutuhan sandang atau pokok, nyatanya terdapat kebutuhan lain yaitu demi memenuhi kebutuhan akan sosial dan kebutuhan akan penghargaan yang pada akhirnya pencapain tertinggi adalah kepercayaan diri setelah mendapat sebuah pujian. Kembali lagi bahwa pada dasarnya manusia akan membeli sebuah barang atau benda selain barang tersebut memiliki manfaat fungsional juga memiliki manfaat emosional. Manfaat fungsional akan mengacu pada kebermanfaatan produk tersebut sebagaimana mestinya, namun manfaat emosional adalah manfaat demi meningkatkan kepercayaan diri yang didapatkan dari pujian dari orang lain. oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi habitual buying behavior di media sosial Instagram adalah hasrat memenuhi kebutuhan pada hirarki kebutuhan Maslow yakni kebutuhan perlindungan diri dan kebutuhan akan adanya pengakuan dari pihak lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Pembelian Kebiasaan, Motivasi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 May 2019 03:27
Last Modified: 06 May 2019 03:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item View Item