Perbawaningsih, Yudi and Sibarani, Rifka Perilaku Merokok dan Preferensi Anak Muda pada Pesan Kampanye Anti-Rokok (Kasus Mahasiswa Perokok pada FISIP UAJY). [Research]
Text (Penelitian Komunikasi)
YUDI PERBAWANINGSIH.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Salah satu faktor yang diasumsikan memberikan kontribusi penting dalam upaya mengubah perilaku merokok pada masyarakat adalah kampanye, atau khusus iklan anti rokok. Melalui pesan iklan kampanye anti rokok yang persuasif, diharapkan para perokok mampu mengurangi tingkat konsumsi rokok atau bahkan berhenti merokok dan membatasi perokok-perokok baru terutama di kalangan muda dan perempuan. Di Australi dan Singapura, pemerintah setempat memiliki desain pesan iklan anti rokok yang dirancang dan diimplementasikan secara institusional Efektivitas iklan ini cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku merokok dan preferensi mereka pada desain pesan iklan anti rokok yang digunakan pemerintah Singapura dan Australia. Sebagai responden penelitian adalah mahasiswa perokok pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang berjumlah 104 orang, dengan convenience technique sampling. Responden diminta menonton iklan dan menyebutkan iklan yang paling disukai, selain juga diminta memberikan data tentang perilaku merokok. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah cross sectional survey. Peneltiian menunjukkan bahwa tingkat konsumsi rokok tinggi, memiliki sikap ganda negatif dan positif, akses pada pesan iklan anti rokok tinggi. Mahasiswa perokok ini menyukai isi pesan yang tidak menakut-nakuti dengan penampilan orang sakit atau penyakit, suka informasi yang rasional dengan data statistik sebagai pembuktian, dan bersifat audio visual. Perilaku merokok dan preferensi pada pesan iklan cenderung sama pada responden yang memiliki karakteristik berbeda, seperti jenis kelamin, kelas ekonomi dan tempat tinggal.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku merokok, preferensi pada pesan iklan, desain pesan iklan |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 May 2019 03:45 |
Last Modified: | 06 May 2019 03:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18537 |
Actions (login required)
View Item |