STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN KOKO CICI JOGJA DALAM MEMPROMOSIKAN AJANG PEMILIHAN KOKO CICI JOGJA 2018

PEBELAN, VALERIA (2019) STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN KOKO CICI JOGJA DALAM MEMPROMOSIKAN AJANG PEMILIHAN KOKO CICI JOGJA 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VALERIA PEBELAN)
KOM05250.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi yang digunakan untuk promosi ajang Pemilihan Koko Cici Jogja 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi dari organisasi Ikatan Koko Cici Jogja dalam mempromosikan event mereka, agar lebih banyak masyarakat Yogyakarta yang mengenal dan ikut berpartisipasi menjadi duta sosial, pariwisata dan budaya terutama budaya Tionghoa kepada seluruh masyarakat Yogyakarta. Harapannya adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan bagi dunia luar mengenai penyusunan dan implementasi strategi komunikasi dalam mempromosikan sebuah event yang serupa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai lima narasumber yang merupakan anggota Ikatan Koko Cici Jogja yang juga menjadi panitia dalam Pemilihan Koko Cici Jogja 2018. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi strategi komunikasi yang dilakukan oleh Ikatan Koko Cici Jogja untuk mempromosikan ajang Pemilihan Koko Cici Jogja 2018 tidak semua berjalan sesuai dengan aktivitas bauran promosi. Pertama dalam mempromosikan ajang Pemilihan Koko Cici Jogja 2018 tidak ada devisi yang benar-benar memegang promosi, Public relations dan devisi lainnya membantu promosi mulai dari tatap muka hingga promosi lewat media baru. Kedua, pesan yang disampaikan berisi informasi dan ajakan untuk berpartisipasi dalam ajang Pemilihan Koko Cici Jogja 2018, di dalam pesan-pesan dipasang dengan atribut identitas budaya yang melekat pada seorang Koko dan Cici Jogj. Pesan-pesan tersebut kemudian disalurkan melalui beberapa media seperti media internet (online), media cetak dan media elektronik. Tidak semua bauran promosi dikerjakan di dalam kegiatan promosi, Ikatan Koko Cici Jogja hanya menggunakan tiga dari lima bauran promosi yang ada, pertama direct marketing melalui direct message di media sosial Instagram. Kedua, penjualan perorangan atau personal selling secara langsung bertatap muka dengan target sasaran. Ketiga yaitu publikasi dan pembentukan citra positif melalui beberapa kegiatan sosial oleh vi Koko dan Cici Jogja. Kegiatan promosi ditujukan kepada dua target sasaran, yaitu target sasaran utama merupakan perempuan dan laki-laki berusia 17-24 tahun, berdomisili di Yogyakarta untuk satu tahun, berasa dari etnis Tionghoa maupun non Tionghoa, berpenampilan menarik dan sehat jasmani rohaninya, semua sudah menjadi persyaratan mutlak yang ditetapkan oleh pihak Ikatan Koko Cici Jogja. Target lainnya ialah seluruh masyarakat Yogyakarta, terutama orang tua yang memiliki anak yang berpotensi untuk dapat berpartisipasi dalam Pemilihan Koko Cici Jogja 2018.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, promosi, special event, identitas budaya.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 May 2019 03:35
Last Modified: 06 May 2019 03:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item