FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA INTRANET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI PT. TELKOM YOGYAKARTA, TBK

SITORUS, DAYCE LIANTRI (2011) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA INTRANET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI PT. TELKOM YOGYAKARTA, TBK. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02819.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02819.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02819.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02819.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02819.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Organisasi atau perusahaan tidak pernah lepas dari aktivitas komunikasi. Untuk meminimalisir hambatan dalam berkomunikasi dan untuk membina komunikasi dalam lingkup perusahaan dibutuhkan suatu media komunikasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin canggih yaitu dengan hadirnya komputer dan internet. Hal ini berdampak pada perusahaan, saat ini perusahaan mulai memanfaatkan teknologi ini untuk memaksimalkan aktivitas komunikasi internal perusahaan.Salah satu perusaahaan yang memanfaatkan teknologi ini adalah PT. Telkom Yogyakarta, Tbk. Media yang digunakan disebut media intranet. Media ini merupakan media komunikasi utama yang digunakan oleh Telkom dan dimanfaatkan secara maksimal. Karyawan menggunakan media intranet karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi atau mendorong untuk menggunakan media intranet sebagai media komunikasi. Adapun faktorfaktor yang mempengaruhi yaitu karakteristik individu (jenis kelamin, usia dan masa kerja), persepsi karyawan tentang keefektivitasan komunikasi melalui media intranet, kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi dan kebutuhan akan kekuasaan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan membagikan kuesioner kepada 241 karyawan PT. Telkom Yogyakarta, Tbk. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan koefisien korelasi Spearman’s Rho menunjukkan adanya hubungan antara karakteristik indvidu (jenis kelamin, usia dan masa kerja), persepsi karyawan tentang keefektivitasan komunikasi melalui media intranet, kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi, dan kebutuhan akan kekuasaan dengan intensitas penggunaan media intranet. Selain itu, secara bersama-sama ketujuh variabel mampu mempengaruhi intensitas penggunaan media intranet namun hanya enam faktor saja yang mempengaruhi intensitas penggunaan media intranet, yaitu karakteristik indvidu, persepsi karyawan tentang efektivitas komunikasi melalui media intranet, kebutuhan akan afiliasi, dan kebutuhan akan kekuasaan. Penggunaan media intranet dapat membuat karyawan lebih produktif, karena selain dapat digunakan untuk berkomunikasi, media ini juga dapat digunakan untuk mencari informasi. Semakin positifnya persepsi karyawan tentang keefektivitasan komunikasi melalui media intranet dan semakin tingginya kebutuhan karyawan akan prestasi, afiliasi, dan kekuasaan maka intensitas penggunaan media intranet akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Media Komuniasi, Media Intranet, Intensitas Penggunaan Media
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 13:58
Last Modified: 28 May 2013 13:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item