KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN BUS KOPATA (Koperasi Pengusaha Angkutan Yogyakarta)

Mega, Marcelinus Sufmartono (2010) KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN BUS KOPATA (Koperasi Pengusaha Angkutan Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS02898.pdf

Download (1413Kb)
[img] Text (Bab I)
1SOS02898.pdf

Download (142Kb)
[img] Text (Bab II)
2SOS02898.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115Kb)
[img] Text (Bab III)
3SOS02898.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383Kb)
[img] Text (Bab IV)
4SOS02898.pdf

Download (289Kb)

Abstract

Pentingnya penelitian ini dilaksanakan karena ada fenomena seputar bus KOPATA yang cukup kontradiktif dewasa ini. Disatu sisi pengguna bus KOPATA mengalami penurunan yang signifikan, sedang disisi lain banyak pihak menilai keberadaannya masih tetap perlu dipertahankan. Hal ini mengindikasikan bahwa ada yang kurang dalam pelayanan bus KOPATA selama ini. Konteks kepuasan pelanggan harus menjadi orientasi setiap perusahaan jasa, karena hanya pelanggan yang puas yang akan setia menggunakan jasa perusahaan sedangkan pelanggan yang tidak puas akan beralih ke perusahaan jasa lainnya dan menyebarluaskan ketidakpuasan tersebut. Penelitian ini diarahkan untuk menjawab “Bagaimanakah kepuasan pelanggan atas pelayanan bus KOPATA selama ini?”, sedang tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan bus KOPATA selama ini. Penelitian ini termasuk kategori penelitian deskriptif-kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner berskala Likert kepada 180 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari kelima variabel kualitas pelayanan yang diteliti yakni reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles, secara umum responden menyatakan tidak puas. Pada variabel reliability, responden memiliki tingkat kepuasan yang rendah cenderung ke sedang, karena bus KOPATA jarang tepat waktu baik keberangkatan maupun tiba dan kadang tidak mengikuti rute yang telah ditetapkan; sedikit kepuasan responden diperoleh dari tarif yang relatif murah dan pasti. Variabel responsiveness menunjukkan responden memiliki tingkat kepuasan yang rendah cenderung ke sedang, karena bus KOPATA jarang memberikan informasi yang akurat dan lamban dalam menanggapi permasalahan yang timbul. Kebanyakan responden memiliki tingkat kepuasan yang rendah pada variabel assurance dikarenakan kru bus KOPATA jarang berkomunikasi dan bersikap ramah dengan penumpang, dan jarang menyiapkan perlengkapan P3K, pemadam kebakaran dan palu pemecah kaca. Pada variabel empathy, kebanyakan responden memiliki tingkat kepuasan yang rendah akibat kru bus KOPATA jarang memberi perhatian kepada penumpang secara personal, sering menaikkan dan menurunkan penumpang tanpa menunggu bus benar-benar berhenti serta keamanan dan kenyamanan penumpang tidak terjamin. Tingkat kepuasan responden pada variabel tangibles rendah, karena bus KOPATA jarang memperhatikan kerapihan dan kebersihan dalam bus. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum bus KOPATA belum memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, atau pelayanan bus KOPATA sejauh ini belum berorientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan. Pelayanan seperti ini masih jauh dari yang diharapkan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Pelayanan, Perusahaan Jasa.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 14:06
Last Modified: 28 May 2013 14:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item