Suparyanto, Mateus Koko (2010) KOMPETISI MEREK KOPI BUBUK INSTAN ( 3in1 ORIGINAL ) MELALUI PERCEPTUAL MAPPING BERDASARKAN ANALISIS MULTIDIMENTION SCALING (MDS) (Survey pada Tiga Top Brand Kopi Bubuk Instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2006 - 2008). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02205.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02205.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02205.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02205.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02205.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang terus ditingkatkan, membuat pertumbuhan perekonomian juga ikut berkembang. Perusahaan-perusahaan terus bersaing agar dapat meningkatkan omset dengan menciptakan produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan khlayak. Tujuan berikutnya sebagai pendukung kelangsungan hidup perusahaan dalam memproduksi adalah, untuk merebut pasar yang lebih banyak dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor yang ada. Penciptaan produk tidak hanya sebatas pada produksi yang dilakukan perusahaan, tetapi pengembangn-pengembangan atribut produk yang dijadikan daya jual kepada khalayak, sehingga konsumen pun tidak berada pada stagnansi kepuasan. Strategi-strategi komunikasi yang tepat sasaran pun menjadi pendukung dalam penyampaian pesan perusahaan terhadap produknya kepada khalayak. Kopi bubuk instan di Indonesia telah banyak diciptakan dan diproduksi sebagai dampak perkembangan teknologi saat ini. Kemajuan teknlogi instan diikuti pula oleh pola konsumen yang ditawarkan dengan produk yang instan juga. Merek kopi bubuk instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day, sebagai bentuk perkembangan teknologi yang membuat orang mempunyai persepsi baru yaitu menikmati kopi dengan cara yang cepat, praktis, tanpa ampas, dan tidak meninggalkan kenikmatan rasa kopi itu sendiri. Kopi bubuk instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day, sama-sama memiliki atribut yang ditawarkan kepada khalayak. Atrubut-atribut tersebut adalah rasa, aroma, komposisi, harga, dan kemasan. Penelitian ini meneliti mengenai persepsi-persepsi khalayak khususnya mahasiswa yang identik dengan kebiasaan instannya, terhadap atribut-atribut yang melekat pada masing-masing merek kopi bubuk instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day. Survei penelitian ini dilakukan pada khalayak yang memenuhi syarat utama yaitu, mahasiswa yang pernah mengkonsumsi ketiga merek kopi bubuk instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day. Kemudian penelitian ini menghasilkan data yaitu, 68% responden menganggap sangat penting bahwa atribut rasa mempengaruhi ketika akan mengkonsumsi kopi bubuk instan, 41.3% responden mempersepsikan rasa Coffemix adalah sangat enak, 39.3% responden mempersepsikan rasa Nescafe adalah sangat enak, dan 39.3% responden mempersepsikan kemasan Good Day adalah sangat menarik. Beberapa data yang disebutkan diatas, peneliti merangkum beberapa kesimpulan mengenai penelitian ini bahwa, merek kopi bubuk instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day, ketiganya berkompetisi dalam memperoleh posisi di benak konsumennya. Persaingan yang terjadi pada atribut masing-masing merek yaitu, persaingan yang ketat terjadi pada atribut harga dan kemasan, sedangkan persaingan yang longgar terjadi pada atribut rasa, aroma, dan komposisi. Kompetisi yang terjadi tentunya juga didukung oleh perkembangan teknologi perusahaan dan strategi komunikasi yang digunakan dalam penyampaian pesan yang tepat kepada khalayak sasarannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 May 2013 08:15 |
Last Modified: | 29 May 2013 08:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1867 |
Actions (login required)
View Item |