., Kodrad (2006) PUSAT ANIMASI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text
TA10894.pdf Restricted to Registered users only Download (47MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan animasi yang semakin pesat di Indonesia khususnya, dibutuhkan sebuah Pusat Animasi dengan fungsi pendidikan komputer digital grafik animasi dan industri produksi animasi entertainment dan advertising, sehingga para animator mampu menguasai, mengembangkan, dan memproduksi karya animasi secara profesional. Animasi adalah sebuah dunia virtual hasil rekayasa komputer yang tidak memiliki batas dalam mewujudkan impian, utopian, surealis, dan hal-hal yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin dalam dunia virtual reality. Dalam pembuatan karya animasi, seorang animator tidak lepas dari peran "imajinasi" dan "fantasi" dalam mewujudkan karya animasi utopian dan surealis. Imajinasi mengarah pada pemikiran dan khayalan yang bersifat realistis dan dapat berpotensi untuk direalisasikan atau diwudujkan, sedangkan fantasi adalah bagian dari imajinasi yang mengarah pada pemikiran dan khayalan yang bersifat unreal dan hanya dapat diwujudkan dalam karya seni dan cerita fiksi. Perancangan bangunan Pusat Animasi menawarkan penekanan desain ekspresi pengalaman ruang imajiner yang bertujuan mestimulasi imajinasi fantasi animator. Metodologi perancangan dilakukan dengan metode Skenario Perancangan yang mendramatisir fase-fase pelepasan struktur imajinasi fantasi animator melalui telaah Teori Imajinasi Fantasi dan Teori Arsitektur mengenai Konsepsi Ruang sebagai pendekatan perancangan arsitektur utopian dan ekspresi pengalaman ruang imajiner.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 May 2019 01:55 |
Last Modified: | 23 May 2019 01:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18767 |
Actions (login required)
View Item |