IDENTIFIKASI JENIS, PENYEBAB, DAN UPAYA PENANGANAN LIMBAH KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

YUDHANTA, ALEXANDER BAYU PATRIA (2019) IDENTIFIKASI JENIS, PENYEBAB, DAN UPAYA PENANGANAN LIMBAH KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS161440.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS161441.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS161442.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TS161443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB IV)
TS161444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TS161445.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta sebagai kota pelajar, kota budaya, dan juga kota pariwisata banyak dikunjungi wisatawan maupun para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini mendorong pemerintah maupun pihak swasta untuk meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana, salah satunya berupa konstruksi gedung. Setiap kegiatan konstruksi pembangunan gedung berpengaruh terhadap keberlangsungan lingkungan sekitar. Pengaruh atau dampak yang ditimbulkan dapat berupa dampak positif atau dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup menonjol adalah timbulnya limbah konstruksi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya untuk menangani limbah konstruksi, sehingga lingkungan sekitar tidak terkena dampak negatif yang cukup signifikan dari proyek pembangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis material yang menjadi limbah konstruksi, penyebab serta upaya penanganan limbah konstruksi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengambilan data di lapangan menggunakan kuesioner. Responden yang dipilih adalah project manager, site manager, serta bagian logistik pada proyek pembangunan gedung di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah analisis nilai modus, nilai mean, serta nilai standar deviasi dari data yang didapatkan. Hasil analisis data menunjukkan secara umum rata-rata kuantitas limbah konstruksi berada di bawah 2 %. Namun untuk jenis material kayu kuantitas limbah konstruksi berada pada range antara 2 % - 5%. Penyebab limbah konstruksi terbesar adalah faktor “residu” dengan nilai rerata 2,83 dan standar deviasi 0,69. Sedangkan upaya untuk menangani limbah konstruksi oleh kontraktor paling sering dilakukan dengan cara merencanakan dan mengatur metoda kerja dengan tepat. Hal ini terlihat dengan faktor “Metoda Kerja” yang memiliki nilai rerata 3,73 dan standar deviasi 0,97.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Limbah konstruksi, proyek pembangunan gedung.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 May 2019 04:52
Last Modified: 31 May 2019 04:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item