PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN KATEGORI HIGH PROFILE DAN LOW PROFILE DI BEI PERIODE 2016-2017

PUTRA, RAMA DAYANTO (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN KATEGORI HIGH PROFILE DAN LOW PROFILE DI BEI PERIODE 2016-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21778.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berbertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan Intellectual Capital dan Earning per Share terhadap Harga Saham di Indonesia. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan kategori High Profile berjumlah 167 perusahaan dan perusahaan kategori Low Profile berjumlah 103 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2017, serta secara konsisten menerbitkan laporan keuangan dan laporan tahunan selama periode penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan regresi linear berganda untuk melihat pengaruh dari variabel independen yaitu pengungkapan Intellectual Capital dan Earning per Share terhadap variabel dependen yaitu harga saham dengan program SPSS Statisticss Ver.17 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Intellectual Capital tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan High Profile maupun perusahaan Low Profile. Selanjutnya, Earning per Share berpengaruh positif terhadap harga saham pada perusahaan High Profile maupun perusahaan Low Profile. Implikasi dari penelitian ini bagi peneliti selanjutnya adalah untuk dijadikan bahan referensi tambahan terkait dengan pengungkapan Intellectual Capital dan Earning per Share. Selain bagi investor, penelitian ini juga dapat digunakan oleh manajemen perusahaan sebagai bukti bahwa investor di Indonesia masih mempertimbangkan Capital Gain dan belum mempertimbangkan Intellectual Capital dalam keputusan investasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Intellectual Capital, Earning per Share, Harga Saham, dan Laba Bersih.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Jun 2019 04:10
Last Modified: 10 Jun 2019 04:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item