PENGARUH SIKAP PADA PESAN KAMPANYE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Kasus: Pesan Kampanye The Body Shop DalamMempengaruhi Loyalitas Konsumen Terhadap Merek) DOSEN PEMBIMBING: Dr. Phil Yudi Perbawaningsih, M.Si

Nugroho, Florentinus Dhanu (2010) PENGARUH SIKAP PADA PESAN KAMPANYE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Kasus: Pesan Kampanye The Body Shop DalamMempengaruhi Loyalitas Konsumen Terhadap Merek) DOSEN PEMBIMBING: Dr. Phil Yudi Perbawaningsih, M.Si. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02732.pdf

Download (1696Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02732.pdf

Download (288Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02732.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02732.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02732.pdf

Download (514Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap pada pesan kampanye terhadap loyalitas konsumen. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di situs jejaring sosial Twitter. Responden dalam penelitian ini adalah 99 orang pengguna situs jejaring sosial Twitter dan merupakan follower Twitter resmi The Body Shop Indonesia. Terdapat tiga variabel dalam penelitian kuantitatif ini yaitu sikap pada pesan kampanye sebagai variabel independen, citra merek sebagai variabel mediasi, dan loyalitas konsumen sebagai variabel dependen. Dalam penelitian ini sikap pada pesan kampanye diukur berdasarkan komponen kognitif, afektif, dan konatif menurut Azwar. Citra merek diukur melalui komponen persepsi, perasaan suka atau tidak suka, dan keyakinan. Sementara itu, indikator loyalitas konsumen didasarkan pada karakteristik konsumen yang loyal menurut Giddens. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sikap pada pesasn kampanye terhadap loyalitas konsumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sikap pada pesan kampanye berpengaruh secara positif terhadap loyalitas konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi/antara. Sikap pada pesan kampanye dan citra merek memberikan pengaruh sebesar 60,4% terhadap loyalitas konsumen, yang berarti bahwa 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan kata lain, semakin positif sikap konsumen terhadap pesan kampanye The Body Shop, semakin positif pula citra merek, dan pada akhirnya loyalitas konsumen pun meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kampanye humas, public relations, citra merek, loyalitas konsumen
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:07
Last Modified: 29 May 2013 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item