ANALISIS VARIABEL PEMASARAN 7P YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENENTUKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada konsumen Ardiyanto Gallery)

S., Vicky Nataly Fatimah T.P. (2019) ANALISIS VARIABEL PEMASARAN 7P YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENENTUKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada konsumen Ardiyanto Gallery). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM19981.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Konsumen akan mempertimbangkan beberapa hal untuk menentukan produk atau jasa yang akan dibelinya. Kotler dan Armstrong (2015) menyatakan bahwa variabel bauran pemasaran 7P yaitu: 1) produk (product), 2) harga (price), 3) tempat (place), 4) promosi (promotion), 5) orang (people/participan), 6) proses (process), dan 7) lingkungan fisik (physical evidence) merupakan variabel bauran pemasaran yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang menentukan pengambilan keputusan produk atau jasa perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengekplorasi atribut bauran pemasaran 7P yang digunakan sebagai pertimbangan konsumen dalam membeli produk batik tulis di Ardiyanto Gallery. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji perbedaan atribut bauran pemasaran 7P berdasarkan perbedaan karakteristik jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan penghasilan. Penelitian mengambil sampel 220 orang konsumen yang pernah melakukan pembelian ulang produk batik tulis di Ardiyanto Gallery dan pembelian terakhir yang dilakukannya maksimal dilakukan pada 3 bulan yang lalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: atribut bauran pemasaran 7P yang digunakan sebagai pertimbangan konsumen dalam membeli produk batik tulis di Ardiyanto Gallery terdiri dari: 1) Kualitas yang baik, 2) Variasi (motif) yang banyak, 3) Menyediakan setiap motif kain batik dalam jumlah yang mencukupi, 4) Menyediakan motif batik terbaru (up to date), 5) Harga sesuai dengan kualitas, 6) Menyediakan kain batik dengan tingkatan harga yang bervariasi/berbeda, 7) Barang yang lebih bernilai dari harga yang telah dibayarkannya, 8) Lokasi yang strategis, 9) Potongan harga (diskon) yang menarik, 10) Karyawan mampu memberikan saran motif kain batik yang cocok bagi konsumen, 11) Layanan yang cepat, 12) Menata produk (kain batik) dengan baik, 13) Menjamin ketepatan tagihan, 14) Melengkapi gerai dengan penerangan cahaya yang baik, dan 15) Desain lingkungan toko yang baik. Hasil uji beda jenis kelamin terdapat pada atribut: 1) banyak variasi, 2) potongan harga. Berdasarkan karakteristik pekerjaan, terdapat perbedaan pada atribut: 1) jumlah yang mencukupi. Berdasarkan karakteristik pengeluaran, terdapat perbedaan pada atribut: 1) variasi harga, 2) Pencahayaan yang baik. Berdasarkan karakteristik frekuensi pembelian, terdapat perbedaan pada atribut: 1) Variasi yang banyak, 2) Jumlah yang mencukupi, 3) Harga sesuai kualitas, 4) Variasi harga, 5) Penataan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan lingkungan fisik.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Jun 2019 05:32
Last Modified: 10 Jun 2019 05:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item View Item