PENGARUH TERPAAN IKLAN DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Pengaruh Terpaan Iklan Traveloka di Youtube terhadap Minat Beli Tiket Aktivitas dan Rekreasi Wisata pada Komunitas Backpacker Indonesia Chapter Yogyakarta)

RAMADILLA, HOPPY (2019) PENGARUH TERPAAN IKLAN DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Pengaruh Terpaan Iklan Traveloka di Youtube terhadap Minat Beli Tiket Aktivitas dan Rekreasi Wisata pada Komunitas Backpacker Indonesia Chapter Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Terpaan iklan sebagai salah satu cara yang digunakan untuk menarik minat konsumen dan menciptakan pelanggan yang loyal terhadap Traveloka. Cara ini digunakan sebagai bentuk komunikasi non-verbal untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada konsumen. Dua elemen yang ada dalam terpaan iklan adalah frekuensi dan atensi. Kedua elemen terpaan iklan tersebut memiliki pengaruh dalam membentuk citra perusahaan Traveloka. Oleh karena itu, digunakan teori SMCR dengan konsep dua elemen terpaan iklan dan minat beli konsumen untuk menguji variabel terpaan iklan (X) terhadap minat beli (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel sebanyak 78 orang dengan menggunakan metode survey. Data primer diperoleh melalui kuisioner yang diberikan kepada responden Komunitas Backpacker Indonesia Chapter Yogyakarta (BICY). Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan analasis regresi linear sederhana. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini adalah variabel terpaan iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,580 dan signifikansi 0,000. Kontribusi variabel terpaan iklan terhadap minat beli adalah sebesar R2 33,6%. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh terpaan iklan terhadap minat beli konsumen yaitu Backpacker Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Traveloka, Minat beli, Komunitas BICY, YouTube.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:43
Last Modified: 11 Jun 2019 01:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item