PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA SITUS BELANJA ONLINE LAZADA DI KALANGAN FOLLOWERS INSTAGRAM LAZADA_ID

PUTRI, KIRANA RAMANIYA (2019) PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA SITUS BELANJA ONLINE LAZADA DI KALANGAN FOLLOWERS INSTAGRAM LAZADA_ID. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan e-commerce memberikan banyak perubahan terhadap sektor bisnis yang selama ini dijalankan di dunia nyata. Kenyataan ini menyebabkan banyaknya pelaku bisnis yang mengembangkan usahanya melalui situs online (e-commerce), salah satunya Lazada. Mudahnya akses informasi dan transaksi dalam berbelanja menjadi dapat menjadi sebuah dorongan bagi seseorang untuk melakukan pembelian. Ada kalanya individu melakukan proses pembelian melalui rasa ingin membeli begitu saja ketika melihat suatu jasa atau barang tertentu, dengan alasan ketertarikan konsumen dapat membeli barang atau jasa begitu saja. Tipe pembelian tersebut dinamakan tipe pembelian tanpa direncanakan atau pembelian impulsif. Lazada merupakan perusahaan retail berbasis e-commerce swasta Singapura yang didirikan pada tahun 2011 oleh Rocket Internet. Website e-commerce Lazada diresmikan dan pada 15 Maret 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh daya tarik promosi penjualan pada situs belanja online Lazada terhadap perilaku pembelian impulsif di kalangan followers instagram @lazada_id, dan telah dilakukan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dari populasi followers Instagram lazada_id dengan menggunakan teknik purposive sampling secara online melalui direct message. Penelitian ini mendeskripsikan variabel penelitian melalui nilai ratarata, dimensi, dan variabel. Hasil lapangan yang diperoleh mengatakan bahwa sebanyak 34,9% perilaku pembelian impulsif pada situs belanja online Lazada dipengaruhi oleh daya tarik promosi penjualan dan sisanya 65,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X. Maka perlu penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif yang tidak di ada dalam penelitian ini, karena dalam penelitian ini hanya menganalisis pengaruh dari daya tarik promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif, sedangkan masih ada variabelvariabel lain yang juga memiliki pengaruh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik, promosi penjualan, perilaku pembelian impulsif
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:46
Last Modified: 11 Jun 2019 01:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item