Strategi Komunikasi Pemasaran Event Budaya SIEM© (Solo International Contemporary Ethnic Music) 2010 Dalam Menarik Minat Pengunjung

ANDRIANTO, . (2010) Strategi Komunikasi Pemasaran Event Budaya SIEM© (Solo International Contemporary Ethnic Music) 2010 Dalam Menarik Minat Pengunjung. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02735.pdf

Download (876Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02735.pdf

Download (183Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02735.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02735.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02735.pdf

Download (1634Kb)

Abstract

Suatu event tidak akan berhasil jika tidak menggunakan komunikasi pemasaran yang tepat, maka komunikasi pemasaran memang sangat penting untuk menginformasikan suatu event agar dapat diketahui oleh masyarakat target audiensnya. Begitu pula yang dilakukan oleh event budaya SIEM 2010, yaitu dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk menginformasikan event SIEM 2010 kepada masyarakat dan akhirnya dapat menarik minat pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Event Budaya SIEM© 2010 dalam menarik minat pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, memaparkan, menuturkan serta menganalisa secara cermat dan mendalam terhadap fenomena yang terjadi yaitu tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Event Budaya SIEM© (Solo Internasional Contemporary Ethnic Music) 2010 dalam Menarik Minat Pengunjung. Lokasi penelitian berada di Kota Surakarta dan pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara. Event budaya SIEM 2010 menggunakan langkah-langkah komunikasi pemasaran yaitu mengidentifikasi khalayak sasaran dengan cara mengadakan wawancara dengan masyarakat tentang ketertarikan terhadap musik etnik. Kemudian dari hasil wawancara dapat diketahui tingkat ketertarikan masyarakat sehingga dapat menjadi tolok ukur dalam menentukan target audiens untuk SIEM 2010. Tujuan dari komunikasi pemasaran sendiri yaitu ingin menarik minat pengunjung untuk menghadiri event budaya SIEM 2010. Langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu merancang pesan. Teknik dalam penyusunan pesan yaitu dengan menampilkan tulisan SIEM (Solo Contemporary Ethnic Music). Kemudian menampilkan tulisan-tulisan yang berisi para penyaji dalam event budaya SIEM dan memberitahukan tentang tempat dan waktu penyelenggaraan serta memberitahukan bahwa acara SIEM free, artinya tidak dipungut biaya. Langkah berikutnya adalah memilih saluran komunikasi. Saluran komunikasi yang dipilih SEIM 2010 adalah lewat periklanan dan Media periklanan yang dipakai dalam event budaya SIEM 2010 yaitu menggunakan media cetak dan media elektronik. Media cetak meliputi : koran, majalah, pamflet, poster dan baliho. Sedangkan media elektronik meliputi : radio, televisi dan internet. Kemudian dalam menentukan total anggaran promosi, SIEM 2010 menggunakan dua metode yaitu metode sesuai kemampuan dan metode tujuan dan tugas. Langkah kemudian yaitu menentukan bauran promosi. SEIM 2010 menggunakan empat bauran promosi yaitu periklanan, hubungan masyarakat, penjualan tatap muka, dan pemasran langsung. Hubungan masyarakat disini menggunakan pre event yang diselenggarakan di beberapa tempat, yaitu di Hailai, Lor in, The Sunan Hotel, xiv SMA Ursulin, SMP Bintang Laut, Halaman PGS dan di Pasar Ngarsopuro. Setelah menentukan bauran promosi, langkah selanjutnya adalah mengukur hasil promosi. Caranya yaitu dengan menghitung jumlah tiket yang sudah tersebat. Langkah yang terakhir yaitu mengelola dan mengkoordinasi komunikasi pemasaran terintegrasi. Pengelolaan dan koordinasi dilakukan oleh panitia SIEM 2010 yaitu dengan merencanakan event budaya SIEM untuk tahun-tahun berikutnya dengan melibatkan masyarakat luas lewat internet (facebook), seperti membuat forum dengan topik untuk memajukan event budaya SIEM untuk tahuntahun berikutnya sehingga para panitia SIEM dapat langsung berinteraksi dan mendapatkan respon langsung dari masyarakat sehingga tujuan komunikasinya tercapai. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi saran bagi pembaca, antara lain : a. Saran Akademis Peneliti berharap pada penelitian berikutnya untuk dapat lebih mengkaji secara mendalam tentang strategi komunikasi pemasaran selain dari SIEM dan juga meneliti tentang pengaruhnya terhadap permasalahan lain. Misalnya, strategi komunikasi pemasaran SIEM dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang musik etnik dan lain sebagainya. b. Saran Praktis Harus ada data yang akurat sehingga dapat diketahui seberapa banyak pengunjung yang hadir untuk menyaksikan event SIEM. Selain itu dengan adanya data yang akurat dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan komunikasi pemasaran yang telah dilakukan dalam menarik minat pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:12
Last Modified: 29 May 2013 09:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item