PROMOSI PROGRAM ACARA TELEVISI MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Promosi Program Acara Rajawali Televisi melalui Instagram @langitrtv)

NUGROHO, JOHANES NOVENTA (2019) PROMOSI PROGRAM ACARA TELEVISI MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Promosi Program Acara Rajawali Televisi melalui Instagram @langitrtv). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05454.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Promosi program acara televisi melalui Instagram merupakan salah satu cara promosi yang efektif di era digital. Kehadiran Instagram pada tahun 2010, memberikan dampak yang signifikan dalam proses komunikasi pemasaran. Perusahaan media sebagai salah satu pengguna Instagram, tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mempromosikan program acara. Melaui Instagram proses penyebaran informasi dan feedback langsung dapat diterima oleh admin. Fokus dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagimana kegiatan promosi program acara Rajawali Televisi melalui Instagram @langitrtv. Setiap harinya admin melakukan posting konten promosi dengan tujuan memberitahu dan mengingatkan audience mengenai program acara Rajawali Televisi. Caption konten promo dibuat sesuai dengan segmentasi penggolongan usia program acara. Feedback berupa komentar terhadap informasi yang disebarkan admin juga dapat terlihat langsung dikolom komentar. Feedback berupa komentar yang diberikan oleh pengguna Instagram, ditanggapi oleh admin selaku perwakilan dari Rajawali Televisi. Nantinya feedback berupa saran dan kritik akan disampaikan ke divisi programming sebagai bahan evaluasi. Fitur live pada Instagram dimanfaatkan admin pada saat program spesial berlangsung dalam rangka menjangkau audience yang tidak dapat menyaksikan program tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa admin secara rutin melakukan penyebaran informasi berupa pengunggahan promo program acara Rajawali Televisi melalui Instagram. Kegiatan promosi melalui media sosial Rajawali Televisi sama halnya dengan sistem kerja institusi media. Masing-masing divisi yang merancang kegiatan promosi bekerja secara kolektif. Dimulai dari perencanaan yang dilakukan oleh tim media sosial kemudian diberikan pada divisi programming atau divisi akuisisi untuk dilakukan review konten, dan yang terakhir konten akan dibuat secara visual oleh creative art departement. Dengan demikian kehadiran Instagram sebagai media promosi memberikan manfaat bagi Rajawali Televisi seperti sarana menginformasikan program acara, interaksi dengan audience, dan mengetahui keinginan audience terhadap Rajawali Televisi melalui feedback yang diberikan pada kolom komentar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Program Acara Televisi, Instagram
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:29
Last Modified: 11 Jun 2019 02:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18896

Actions (login required)

View Item View Item