PEMBANGUNAN APLIKASI MENGGAMBAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

DIWASASRI, BASWARA INDU (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI MENGGAMBAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TF06896.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Menggambar sudah ada sejak jaman prasejarah. HAl ini dibuktikan dengan ditemukannya berbagai macam gambar di dinding-dinding gua. Menggambar juga merupakan salh satu cara manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain.Dengan menggunakan berbagai jenis mediaseperti arang, batu ataupun jari tangan, seseorang bisa menyampaikan berbagai hal yang ingin ditunjukan ke orang lain. Menggambar juga sering digunakan untuk menunjukan atau melampiaskan ekspresi dan kreativitas dari seseorang. Terkadang seseorang tidak mampu menunjukan ekspresi dari mereka sendiri dan lebih memilih menggambar untuk mencurahkan apa yang ada dalam isi pikiran mereka. Pembangunan aplikasi menggambar menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis IOS ini dimulai dengan analisis kebutuhan sistem. Perancangan dibuat dengan membuat flow chart dan papan cerita. Pengkodean dilakukan dengan menggunakan Xcode 9 dengan bahasa pemrograman Swift 4, dan perancangan augmented reality menggunakan framwork ARKit. Hasil yang diharapkan dari pembangunan aplikasi ini adalah memberikan pengalaman menggambar di media ruang 3D secara live.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, menggambar, swit 4, Xcode 9, ARKit.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jun 2019 03:53
Last Modified: 11 Jun 2019 03:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18906

Actions (login required)

View Item View Item