SUKMANA, ANASTASIA YESSICA DEVI (2019) RESPON MAHASISWA TERHADAP DIGITAL TECHNOLOGY DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN. S1 thesis, UAJY.
Text
TI07835.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Revolusi Industri 4.0 sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kegiatan berupa seminar diadakan dalam dunia pendidikan guna untuk memperkenalkan era baru saat ini. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada situs resmi pemerintah menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi dalam mengembangkan kewirausahaan dan diperkirakan memiliki usia produktif 60% penduduk Indonesia. 27% dari 60% tersebut merupakan penduduk muda yang berpotensi untuk menjadi wirausaha pada tahun 2030 yang dilansir dari situs pemerintah. Pendapat tambahan dari Menteri Koperasi dan UKM yang dilansir dari laman koran Sindo, A.A.G.N Puspayoga menyatakan bahwa rasio wirausaha di Indonesia sudah mencapai lebih dari 7% dari total penduduk di Indonesia pada tahun 2018. Pihak pemerintah sudah menjalankan Roadmap Implementasi Industri 4.0 yang berguna untuk menunjang kegiatan berwirausaha, namun para pelaku wirausaha masih tergolong sedikit yang memanfaatkan digital technology. Peluang untuk memaksimalkan profit melalui kemajuan digital technology tersebut kurang diperhatikan, sehingga menyebabkan lambatnya wirausaha untuk dapat mengetahui kemauan pasar. Pendidikan kewirausahaan penting untuk dipelajari di jenjang universitas dengan tujuan memunculkan minat mahasiswa untuk berwirausaha dengan memaksimalkan pengetahuan-pengetahuan digital technology berdasarkan tipologi dari jurnal “Digital Academic Entrepreneurship: The Potential of Digital Technologies on Academic Entrepreneurship” dan dapat diimplentasikan pada kegiatan berwirausaha (Rippa & Secundo, 2018). Penelitian terdahulu menyimpulkan bahwa terdapat dua langkah yang dapat dikembangkan untuk memungkinkan diterapkan pada pendidikan kewirausahaan. Pertama, pengarahan strategi-strategi ke arah yang mengadopsi digital technology. Kedua, komitmen kuat untuk menggunakan pengetahuan kewirausahaan yang dikembangkan di dalam universitas untuk berpartisipasi membangun dan menerapkan strategi pendidikan kewirausahaan yang berbasis digital technology. Alat uji yang digunakan pada penelitian yaitu dengan kuesioner dan 196 responden telah berpartisipasi mengisi kuesioner. Analisis secara deskriptif menggunakan media pie chart dan analisis secara statistik melalui regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini merupakan tingkat pemahaman mengenai digital technology yang paling tinggi yaitu 188 responden memahami social media, yang tertinggi kedua yaitu 179 responden memahami cloud computing, dan yang ketiga yaitu 171 responden memahami digital storytelling. Social media dan cloud computing termasuk dalam kategori platform digital, sedangkan digital storytelling termasuk dalam kategori artefak digital. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa para responden masih merasa asing dengan tipologitipologi pada kategori infrastruktur digital. Pengaruh digital technology terhadap minat wirausaha dipengaruhi oleh 4 variabel yaitu variabel sikap pribadi terhadap digital technology, kapasitas kepuasan diri terhadap digital technology, perilaku terkontrol terhadap digital technology dan norma subyektif terhadap digital technology yang memberikan pengaruh secara simultan terhadap minat wirausaha mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital technology, minat wirausaha, revolusi industri, regresi. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Jun 2019 06:22 |
Last Modified: | 11 Jun 2019 06:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18918 |
Actions (login required)
View Item |