PENGARUH TINGKAT KREDIBILITAS ENDORSER DAN TINGKAT KETERTARIKAN PADA ENDORSER TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN

Budiarti, Bernadetta Ficus (2011) PENGARUH TINGKAT KREDIBILITAS ENDORSER DAN TINGKAT KETERTARIKAN PADA ENDORSER TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03025.pdf

Download (2136Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03025.pdf

Download (744Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03025.pdf

Download (685Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1087Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03025.pdf

Download (8Mb)

Abstract

Pada saat ini terdapat banyak produsen atau perusahaan yang menawarkan produk yang sama dengan beraneka jenis manfaat yang berbeda kepada konsumen. Persaingan bisnis juga terjadi pada produk shampoo, berbagai macam merek shampoo yang beredar dipasaran dengan menawarkan berbagai variannya. Selain menambah varian suatu produk perusahaan juga perlu menyebarkan informasi agar produk – produk tersebut dikenal oleh masyarakat luas. Penyebaran informasi dilakukan dengan cara promosi. Berkaitan dengan periklanan, banyak produsen atau perusahaan yang menggunakan selebritis untuk mendukung dan membantu meningkatkan brand awareness sebuah produk atau jasa yang ditawarkannya. Penggunaan selebritis sebagai icon produk masih merupakan metode yang populer dibidang periklanan. Lebih dari 10 persen iklan televisi melibatkan selebritis, sehingga peneliti ingin mengetahui Adakah pengaruh yang signifikan dari variabel tingkat kredibilitas endorser dan tingkat ketertarikan pada endorser secara silmutan maupun secara parsial terhadap motivasi pembelian dan variable mana yang paling dominan mempengaruhi motivasi pembelian konsumen. Variabel pada penelitian ini adalah Tingkat Kredibilitas Endorser (X1), Tingkat Ketertarikan pada Endorser (X2), dan Motivasi Pembelian (Y). Jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survey. Alat pengumpulan data yang utama adalah menggunakan kuesioner. Populasinya yaitu mahasiswi jurusan komunikasi angkatan 2007/2008 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan jumlah 172 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara sensus. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji f dan uji t. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear berganda mempunyai pengaruh yang kuat terhadap motivasi pembelian. Berdasarkan uji f dan uji t, diketahui adanya pengaruh yang signifikan dari tingkat kredibilitas endorser dan tingkat pada ketertarikan pada endorser secara simultan maupun secara parsial dan variabel yang paling dominan adalah tingkat kredibilitas endorser terhadap motivasi pembelian. Peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk mengkaji lebih dalam untuk pemilihan endorser, sehingga dalam mempromosikan suatu produk mendapat hasil yang lebih maksimal dan konsumen menjadi lebih aware lagi terhadap produk yang diiklankan. Kemudian untuk penelitian selanjutnya peneliti harus lebih jeli dalam melihat masalah yang ada dan mengkaji sesuai dengan teori yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kredibilitas endorser, tingkat ketertarikan endorser, dan motivasi pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:21
Last Modified: 29 May 2013 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item View Item