ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Affandi, Demangan, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Meliala, Bill Agape (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Affandi, Demangan, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15638.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ruas Jalan Affandi merupakan salah satu kawasan perdagangan dan pertokoan yang berada di kota Yogyakarta. Oleh karena itu kegiatan komersil mendominasi penggunaan lahan di sepanjang ruas jalan Affandi. Kemacetan di ruas jalan Affandi terjadi karena tingginya aktivitas dan besarnya volume kendaraan yang melintas tidak diimbangi dengan kapasitas jalan. Analisis kinerja ruas Jalan Affandi dilakukan berdasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data lalu lintas diperoleh dari survey jumlah kendaraan dilapangan yang dilakukan pada jam – jam sibuk selama 3 hari (10, 13 dan 15 Oktober 2018) dan kemudian di analisis kinerja lalu lintasnya. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan pada ruas Jalan Affandi, pada tahun 2018, volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 1033,75 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 1197,5 smp/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan (FV) sebesar 45,52 km/jam, hambatan samping sebesar 1378,5 smp/jam dengan kelas hambatan sangat tinggi (VH), derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,86 dengan kategori tingkat pelayanan yaitu kategori D yang dapat diartikan keterangan mendekati arus tidak stabil dengan tundaan yang masih di toleransi dan kecepatan perjalanan rata – rata ≥ 25 Km/jam. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Affandi memerlukan evaluasi untuk peningkatan kinerja ruas jalan tersebut. Berdasarkan solusi pemecahan masalah yang dilakukan dengan menghilangkan parkir di sisi bahu jalan maka diperoleh volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 1033,75 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 1311,6 smp/jam. Derajat kejenuhan menjadi 0,79 dengan kategori tingkat pelayanan menjadi kategori C. Keterangan arus stabil dengan sedikit tundaan dan kecepatan perjalanan rata – rata ≥ 30 Km/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, kapasitas, hambatan samping, tingkat pelayanan,perkiraan peningkatan arus lalu lintas.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jun 2019 02:01
Last Modified: 12 Jun 2019 02:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item