FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DIKALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ATMA JAYA YOGYAKARTA

Lestari, Febriyani Arinda Putri (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DIKALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM20119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk smartphone berdasarkan variabel fitur produk, nama merek, harga dan pengaruh sosial. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi Atma Jaya Yogyakarta. Jumlah responden yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang langsung diambil dari obyek penelitian, sedangkan cara pengumpulannya adalah dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan melalui media online. Metode pengukuran data menggunakan Skala Guttman. Metode sample adalah non-probabilitas sampling dimana teknik pengambilan sample dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan Cochran’s Q. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji perbedaan penilaian pada variabel-variabel yang mempengaruhi pembelian konsumen pada produk smartphone berdasarkan demografi yang terdiri dari jenis kelamin, usia, produk smartphone apa yang digunakan, uang saku, berapa kali mengganti smartphone yang digunakan, fungsi penggunaan smartphone, dan lama penggunaan smartphone. Hasil analisis cochran’s Q terdapat dua variabel independen yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone, yaitu variabel fitur produk dan nama merek. Hasil uji beda pada penelitian ini terdapat perbedaan penilaian konsumen pada fitur produk terhadap uang saku, dan terdapat perbedaan penilaian pada semua atribut pertanyaan dari variabel fitur produk dan nama merek terhadap merek smartphone yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fitur Produk, Nama Merek, Harga Dan Pengaruh Sosial
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jun 2019 05:21
Last Modified: 14 Jun 2019 05:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item