PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI E–PR SEBAGAI SARANA PUBLIKASI RS BETHESDA YOGYAKARTA

Suyarwan, Ira Primatiara (2010) PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI E–PR SEBAGAI SARANA PUBLIKASI RS BETHESDA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02794.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02794.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02794.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perencanaan dan implementasi e-PR sebagai sarana publikasi di RS Bethesda. Dimana e-PR merupakan inisiatif dari seorang public relations menggunakan media internet sebagai media publisitasnya, terlebih dengan keunggulan media internet yang memilki karakteristik sebagai media yang cepat, efisieen, efektif karena bisa menampung space yang cukup sehingga pesan dapar tersampaikan dengan jelas. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang akan dianalisis adalah data – data yang diperoleh dari hasil wawancara, yang kemudian prosesnya akan dianalisis dengan menggunakan teori, hal ini utntuk melihat apakah perencanaan dan implementasi yang dilakukan RS Bethesda sudah sesuai dengan langkah – langkah dalam tahapan perencanaan, dan apakah implementasinya sudah memenuhi aspek – aspek yang ada, dimana implementasi ini diharapkan pesan – pesan yang ingin disampaikan kepada khalayaknya dapat tersampaikan dengan jelas. Dalam proses selanjtnya akan dianalisis menggunakan teori yang jelas dan sesuai dengan temuan data yang ada, sehingga dapat mengetahui apakah perencanaan dan implementasi di RS Bethesda sudah memenuhi aspek – aspek yang seharusnya ada dalam perencanaan dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah,penggunaan media online di RS Bethesda dengan mengambil 4 bentuk media onlien yaitu website, email, messenger, dan milis. Dimana ke- empat bentuk media onlien tersebut direncanakan di RS Bethesda, adanya perencanaan yang dilakukan oleh RS Bethesda, dimana ditangani secara langsung pengelolaanya oleh bagian Humas, sudah tepat dan efektif, karena pada dasarnya sudah memenuhi kriteria – kriteria dasar dalam tahapan perencanaan e-PR. Dimana kriteria – kriteria yang harus dipenuhi adalah: penentuan target sasaran, menentukan tujuan dari program yang akan dilakukan, menentukan program – program yang menunjang aksi, menentukan budget yang dibutuhkan, Hal ini menunjukan bahwa dalam setiap program perencaaan e-PR, khususnya tidak dilakukan dengan asal – asalan namun memperhitungkan semua faktor yang akan mendukung dan menghambat perencanaan e- PR di RS Bethesda. Dalam tahapan implementasinya, adalah tindakan aksi yang dilakukan untuk menyampaikan pesan ataupun tujuan yang dicapai, yaitu sampainya pesan dan informasi kesehatan dan berkembangnya target sasaran pasien RS Bethesda, adapun tahapan yang dilakukan, langkah – langkah praktis jalannya e-PR sebagai sarana publikasi di RS Bethesda, denga menyiapkan saran, content website , yang bertanggung jawab dalam pengelolaan webiste sampai pada mempersiapkan SDM yang akan berhubungan langsung dengan website di RS Bethesda. Website di RS Bethesda digunakan sebagai sarana publikasi, dimana pesan dan informasi mengenai RS Bethesda dapat tersampaikan dengan jelas bagi publik RS Bethesda, khususnya target sasaran yang baru, dan menjadikan website sebagai saran publikasi yang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-PR, Perencanaan, Implementasi, Website, Publikasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:48
Last Modified: 29 May 2013 09:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item