EVALUASI PUBLISITAS JOGJA CITY MALL (Analisis Isi Perbandingan Press Release dan Pemberitaan Jogja City Mall di Media Online Periode Januari-Desember 2018)

AYUNINGTYAS, BERNADETA GITA ATIKA (2019) EVALUASI PUBLISITAS JOGJA CITY MALL (Analisis Isi Perbandingan Press Release dan Pemberitaan Jogja City Mall di Media Online Periode Januari-Desember 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05604.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sebuah perusahaan atau instansi membutuhkan media massa untuk membangun nama baik atau citra positif, sehingga perusahaan atau instansi tersebut dapat lebih dikenal oleh masyarakat atau bahkan mendapat kepercayaan dari masyarakat yang akan berdampak pada meningkatnya profit dan eksistensi perusahaan atau instansi tersebut. Oleh karena itu, kegiatan publisitas dalam hubungan media menjadi kegiatan yang penting bagi perusahaan atau instansi ketika ingin memasarkan maupun memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat. Kesadaran akan pentingnya kegiatan publisitas juga disadari oleh Jogja City Mall. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang menunjukkan bahwa selama bulan Januari-Desember 2018 dari total jumlah 8 pusat perbelanjaan di DIY dan dari seluruh total jumlah 851 berita yang ada di media online terkait pusat perbelanjaan di DIY, jumlah pemberitaan di media online paling banyak dimiliki oleh Jogja City Mall dengan 334 berita. Oleh karena itu, berdasarkan data tersebut peneliti memilih Jogja City Mall sebagai objek penelitian dikarenakan tingginya jumlah pemberitaan selama bulan Januari-Desember 2018. Dalam melakukan kegiatan publisitas, praktisi humas juga perlu melakukan kegiatan evaluasi publisitas. Evaluasi kegiatan publisitas perlu dilakukan karena setiap informasi yang beredar di media massa akan memiliki dampak bagi perusahaan terlebih di era internet yang terus berkembang, sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk menemukan informasi-informasi terkait perusahaan yang tidak sesuai dengan perusahaan. Oleh karena itu, melalui evaluasi publisitas dapat digunakan untuk melihat umpan balik dan untuk menentukan kebijakan terkait dengan hubungan media yang akan berdampak pada eksistensi perusahaan. Dalam penelitian ini, evaluasi dilakukan menggunakan analisis isi untuk melihat perbandingan press release dan pemberitaan JCM di media online pada periode Januari-Desember 2018. Kemudian untuk melihat lebih lanjut terkait kepercayaan media terhadap kinerja maupun program yang diselenggarakan oleh humas JCM dalam rangka menjalin dan menjaga hubungan media yang harmonis, maka peneliti juga melakukan wawancara kepada pihak Humas JCM dan salah satu wartawan media online. Dilihat dari hasil analisis isi berdasarkan kategori fisik dan kategori isi, dapat diketahui bahwa penulisan release JCM sudah sesuai dengan permintaan media. Hal tersebut dapat dilihat dari mayoritas isi berita yang ditulis oleh media online tidak jauh berbeda dengan isi release yang disampaikan oleh Humas JCM. Meskipun demikian, di era internet saat ini Humas JCM juga perlu memahami adanya perbedaan-perbedaan penulisan berita di media cetak dan di media online yang membutuhkan data yang lebih dinamis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, publisitas, press release, dan berita.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:30
Last Modified: 18 Jun 2019 02:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item View Item