ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Silitonga, Maria Vica (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali konsistensi hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Nurmiati (2016) dengan obyek penelitian yang berbeda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan yang diukur dengan variabel dummy , sedangkan variabel independennya adalah leverage diukur dengan debt equity ratio, profitabilitas dengan return on assets, ukuran perusahaan menggunakan Ln (Total Aset), dan likuiditas menggunakan current ratio. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang dapat diakses melalui laman resmi BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017. Teknik pegambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 46 sampel perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis logistik. Hasil dari penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Variabel leverage,ukuran perusahaan dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:48
Last Modified: 18 Jun 2019 02:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19025

Actions (login required)

View Item View Item