PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE DEFINE, MEASURE, ANALYZE, IMPROVE DAN CONTROL DI PERCETAKAN UD. SARI KUSUMA

PURBA, JOHAN DARMANDO (2019) PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE DEFINE, MEASURE, ANALYZE, IMPROVE DAN CONTROL DI PERCETAKAN UD. SARI KUSUMA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI08036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

UD. Sari Kusuma merupakan perusahaan yang mencetak brosur, nota, blangko, leaflet, amplop, stopmap, undangan, majalah dan dus kemasan. Sebagai perusahaan yang sedang mencoba produksi dus kemasan, UD. Sari Kusuma memiliki masalah terkait kualitas produk. Perusahaan menemukan kecacatan pada produk blangko mencapai 8%, produk nota mencapai 9%, dan produk dus kemasan mencapai 11% dari total produksi Juni-Juli 2018. Permasalahan ini kemudian diselesaikan dengan metode six sigma dengan tujuan mengidentifikasi keinginan konsumen (customer needs), melakukan pengukuran kualitas saat ini di UD. Sari Kusuma dan meminimasi jumlah cost of poor quality melalui beberapa usulan perbaikan. Tahapan yang akan dilakukan yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control. Pada tahap Define dilakukan pembuatan project charter, pembuatan peta proses inti seperti proses bisnis dan SIPOC (supplier, input, process, output, customer), identifikasi keinginan konsumen (voice of customer), dan identifikasi peluang untuk perbaikan menggunakan CTQ (critical to quality). Pada tahap Measure dilakukan perhitungan nilai sigma selama 6 bulan dan cost of poor quality (COPQ). Pada tahap Analyze dilakukan identifikasi cacat potensial menggunakan pareto chart dan identifikasi penyebab kecacatan menggunakan fishbone diagram. Pada tahap Improve dilakukan identifikasi usulan perbaikan dengan menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). Usulan perbaikan diterapkan selama 1 minggu diperoleh nilai sigma meningkat dari 3,74 menjadi 4,27 σ dan COPQ mengalami penurunan dari Rp.1.007.096 menjadi Rp.694.098. Tahap Control dilakukan pengendalian terhadap perbaikan yang telah dilakukan dengan menggunakan intruksi kerja dan checksheet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control), fishbone diagram, pareto chart, SIPOC, CTQ, FMEA (Failure Mode and Effect Analysis), COPQ.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:28
Last Modified: 19 Jun 2019 03:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19052

Actions (login required)

View Item View Item