PENGARUH DAYA TARIK ISI PESAN AKUN INSTAGRAM @lantaibumi TERHADAP MINAT BELI PRODUK CALON KONSUMEN

Wannee, Michelle Josephine Roseline (2019) PENGARUH DAYA TARIK ISI PESAN AKUN INSTAGRAM @lantaibumi TERHADAP MINAT BELI PRODUK CALON KONSUMEN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Coffee Shop yang bermunculan di kota Yogyakarta, menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang sebagian besar adalah anak muda dengan gaya hidup yang dinamis. Daya tarik tersebut mengacu pada pendekatan yang digunakan oleh pemasar untuk menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi perasaan konsumen terhadap suatu produk (Ardiansyah dkk, 2015: 77). Salah satu strategi untuk dapat tetap mempertahankan eksistensi dan ketertarikan konsumen mengunjungi coffee shop dapat dilakukan oleh pemasar dengan menggunakan teori SMCR (Source, Messages, Channel, Reciever) (Mulyana, 2010:162). Pemasar dapat memberikan stimulus lewat pesan-pesan yang disajikan melalui foto atau video. Pesan ini merupakan perangkat simbol yang dikirimkan oleh pengirim (Kotler, 1997: 78). Salah satu media atau sarana yang dapat digunakan oleh pemasar sebagai tempat menampilkan pesan adalah media sosial Instagram. Daya tarik isi pesan yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tarik rasional dan daya tarik emosional. Adanya daya tarik isi pesan yang terdapat pada Instagram Lantai Bumi Coffee and Space dapat menimbulkan minat beli produk calon konsumen. Melalui pesan menarik yang diberikan oleh pemasar mengenai produknya lewat Instagram diharapkan dapat memberikan stimulus kepada calon konsumen sehingga calon konsumen dapat berminat untuk melakukan pembelian produk pada coffee shop tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik isi pesan Instagram Lantai Bumi Coffee and Space terhadap minat beli produk calon konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 2 variabel yaitu variabel X daya tarik isi pesan Instagram dan variabel Y minat beli produk calon konsumen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 100 orang responden yang merupakan followers Lantai Bumi Coffee and Space. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa asumsi dari teori SMCR (Source, Messages, Channel, Reciever) yang menyatakan jika stimulus yang diberikan kepada calon konsumen akan menghasilkan perubahan perilaku benar adanya. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan kategori kelas interval. Selain itu, dari penelitian ini diketahui bahwa Ha diterima dengan nilai Sig 0,00 yang lebih kecil dari standart nilai probabilitas sebesar 0,05. Variabel daya tarik isi pesan Instagram secara signifikan berpengaruh positif pada variabel minat beli produk calon konsumen. Apabila daya tarik isi pesan Instagram yang diterima calon konsumen semakin tinggi, maka akan meningkatkan minat beli produk calon konsumen juga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik isi pesan, minat beli, SMCR (Source, Messages, Channel, Receiver), Instagram.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:43
Last Modified: 19 Jun 2019 03:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item View Item