PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN (Studi Empiris pada Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi di Kalimantan Timur)

Pali, Dirga Sri Runi (2019) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN (Studi Empiris pada Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi di Kalimantan Timur). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA19689.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Beasley et al. (2001) dalam Noviyanti (2008) yang didasarkan pada AAERs (Accounting and Auditing Releases) menyatakan bahwa salah satu penyebab kegagalan auditor dalam mendeteksi kecurangan adalah rendahnya tingkat skeptisisme profesional yang dimiliki oleh auditor. Skeptisisme profesional merupakan sikap seorang auditor dengan selalu mempertanyakan dan melakukan evaluasi secara kritis terhadap bukti audit yang ada (SA seksi 230). Selain sikap skeptisisme profesional di dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam mendeteksi kecurangan, auditor perlu didukung oleh sikap independensi yang tinggi dan kompetensi yang dimiliki auditor. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh skeptisisme profesional, independensi, dan kompetensi auditor dalam mendeteksi kecurangan (studi empiris pada BPK RI Provinsi Kalimantan Timur). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skeptisisme profesional berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan, independensi berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Skeptisisme profesional, Independensi, Kompetensi, kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:47
Last Modified: 19 Jun 2019 03:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item View Item