OBJEKTIVITAS BERITA PENENTUAN CAWAPRES INDONESIA 2019 DALAM MEDIA MASSA (Analisis Isi Kuantitatif Objektivitas Berita Penentuan Cawapres Indonesia 2019 dalam Tribunnews.com Periode Februari – Agustus 2018)

Olga, Santha Oktabriancha (2019) OBJEKTIVITAS BERITA PENENTUAN CAWAPRES INDONESIA 2019 DALAM MEDIA MASSA (Analisis Isi Kuantitatif Objektivitas Berita Penentuan Cawapres Indonesia 2019 dalam Tribunnews.com Periode Februari – Agustus 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05414.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai objektivitas berita dalam media online yaitu Tribunnews.com. Berita yang diangkat adalah mengenai penentuan cawapres Indonesia 2019. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui objektivitas dalam berita Penentuan Cawapres Indonesia 2019 di Tribunnews.com Periode Februari – Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan lembar coding yang berisi pertanyaan dari unit analisis. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teori objektivitas dari Westerstahl. Objektivitas yang dikembangkan Westerstahl melibatkan dua dimensi, yaitu dimensi kognitif dan dimensi evaluatif. Dimensi kognitif mencakup faktualitas yang melihat fakta dan dimensi evaluatif mencakup ketidakberpihakan. Objektivitas ini menentukan kualitas sebuah berita. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa Tribunnews.com sudah menerapkan objektivitas berdasarkan metode J. Westerstahl, tetapi dari hasil penelitian dari unit analisis yang kategorinya kelengkapan unsur 5W+1H dan even handed evaluation, Tribunnews.com belum sepenuhnya melengkapi informasi yang dibutuhkan dan berita yang disebarkan secara proporsional

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas Berita, Metode J. Westerstahl, Cawapres, Tribunnews.com
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:00
Last Modified: 21 Jun 2019 02:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item