HUBUNGAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER SUHAY SALIM DENGAN MINAT BELI SKIN CARE KOREA SELATAN DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

MANURUNG, MARTIN HORI JESAYA (2019) HUBUNGAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER SUHAY SALIM DENGAN MINAT BELI SKIN CARE KOREA SELATAN DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05527.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Era digital mengubah cara bagaimana suatu produk dikomunikasikan, termasuk produk kecantikan. Seiring dengan maraknya tren online review di YouTube yang dilakukan oleh pengguna produk kecantikan, semakin bertumbuh pula tren profesi yang disebut dengan beauty vlogger atau biasa disebut juga beauty influencer. Suhay Salim atau kerap dipanggil Suhay merupakan beauty vlogger Indonesia ternama saat ini. Suhay sebagai seseorang beauty vlogger haruslah memiliki kredibilitas yang tinggi, karena hal tersebut dapat menimbulkan minat beli dari penontonnya. Teori yang digunakan antara lain kredibilitas komunikator, retorika, minat beli dan intensitas menonton. Pendekatan yang dugunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen. Analisis data penelitian ini adalah korelasi pearson product moment dan korelasi parsial untuk mengetahui hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil uji validitas dan realibilitas pada variabel kredibilitas komunikator semua instrument dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji analisis korelasi product moment, diperoleh hasil bahwa variabel tingkat kredibilitas komunikator memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan terhadap variabel minat beli dengan nilai korelasi 0,722 dengan signifikansi 0,000 masuk dalam kategori koefisien korelasi tinggi dan koefisien korelasi positif dan searah artinya tingkat kredibilitas Suhay Salim tinggi maka minat beli juga tinggi. Berdasarkan uji korelasi parsial terhadap variabel kredibilitas Suhay Salim dengan minat beli dikontrol oleh variabel intensitas menonton video Suhay Salim diperoleh hasil korelasi sebesar 0,576 dengan signifikansi 0,000 masuk dalam kategori koefisien korelasi sedang. Koefisien korelasi positif dan searah artinya jika variabel kredibilitas Suhay Salim meningkat maka minat beli juga akan semakin meningkat. Peran variabel intensitas menonton video Suhay Salim sebagai variabel kontrol ialah melemahkan hubungan yang terjadi antara variabel kredibilitas komunikator dengan minat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kredibilitas komunikator, minat beli, beauty vlogger
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:05
Last Modified: 21 Jun 2019 02:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19085

Actions (login required)

View Item View Item