PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI KECURANGAN

Sulistyawan, Jovito Caesar (2019) PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI KECURANGAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Jovito Caesar Sulistyawan)
EA21286.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh profesionalisme auditor terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di D.I Yogyakarta. Pengukuran dalam penelitian ini sendiri menggunakan 5 pengukuran yang dijadikan variabel independen yaitu pengabdian terhadap profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan terhadap peraturan profesi, dan hubungan dengan sesama profesi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah auditor yang bekerja minimal 3 tahun pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di D.I Yogyakarta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di D.I Yogyakarta. Dari 75 kuisioner yang disebarkan, kuisioner yang kembali sebanyak 62 dan yang terisi benar sebanyak 52 kuisioner. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan program IBM SPSS 17 fot Windows yang terdiri dari tiga bagian, bagian pertama metode analisis data, bagian kedua uji asumsi klasik, dan bagian ketiga uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengabdian terhadap profesi, kemandirian, keyakinan terhadap peraturan profesi, dan hubungan dengan sesama profesi berpengaruh secara positif terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan. Sedangkan kewajiban sosial tidak berpengaruh terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Pengabdian Pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Keyakinan Pada Peraturan Profesi, Hubungan dengan Sesama Profesi, Kemampuan Mendeteksi Kecurangan.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:08
Last Modified: 21 Jun 2019 03:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item View Item