ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP PEMILIHAN MERK SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES

Saraswati, Fidea Sarie (2019) ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP PEMILIHAN MERK SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TF08058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jaman ini smartphone yang merupakan sebuah telepon mobile yang dibangun berdasarkan sistem operasi pada komputer telah menjadi hal yang utama bagi seseorang. Smartphone ini memiliki kemampuan dan fungsinya sangat menyerupai komputer. Sebagian besar orang telah menggunakan ponsel pintar ini dan memanfaatkan penggunaannya dengan baik. Fitur-fitur canggih di dalam ponsel pintar mampu membuat setiap penggunanya semakin tertarik untuk menggunakan ponsel pintar tersebut. Ponsel pintar semakin mengembangkan karya-karyanya dan semakin menunjukkan kebolehannya dalam beroperasi sebagai smartphone, agar semakin banyak memikat pengguna. Dengan adanya smartphone ini mampu mempermudah komunikasi jarak jauh. Selain itu, pengguna smartphone dapat menggunakannya dengan mudah karena dengan mudah untuk dibawa kemana saja. Dengan adanya ponsel pintar mendorong adanya analisis sentimen publik terhadap penggunaan ponsel pintar yang dibuat berdasarkan tingginya tingkat penggunaan smartphone dengan menggunakan klasifikasi Naïve Bayes. Dengan mengunakan metode Naïve Bayes dapat melihat bagaimana masyarakat menjadikan smartphone sebagai kebutuhan pokok masyarakat jaman ini. Naïve Bayes mampu memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman di masa sebelumnya. Data-data akan diproses, selanjutnya akan dilakukan labeling data. Data-data tersebut akan di dapat dengan cara mengambil data dari twitter. Setelah semua data didapat, akan dilakukan klasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes, dimana metode ini telah teruji keakuratannya dalam menganalisis suatu sentimen publik. Setelah melakukan analisis dari data-data tersebut, analisisnya akan di bagi kedalam tiga bagian yaitu sentimen positif, negatif dan netral. Selain hal-hal terebut, keakurasian dari metode klasifikasi Naïve Bayes sangat akurat dalam menganalisis suatu sentimen publik terhadap penilaian suatu smartphone. Nantinya, hasil analisis ini akan sangat berguna bagi pemilihan dan penggunaan smartphone bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Analisis Sentimen, Naïve Bayes
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:21
Last Modified: 21 Jun 2019 03:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19112

Actions (login required)

View Item View Item