EVALUASI SIMPANG EMPAT BERSINYAL BULAKSUMUR YOGYAKARTA (Studi Kasus: Jalan Agro – Jalan Teknika Utara – Jalan Persatuan – Jalan Kaliurang Km 5,5)

HapsarI, Sehna Putri (2019) EVALUASI SIMPANG EMPAT BERSINYAL BULAKSUMUR YOGYAKARTA (Studi Kasus: Jalan Agro – Jalan Teknika Utara – Jalan Persatuan – Jalan Kaliurang Km 5,5). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15559.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Simpang empat bersinyal Bulaksumur ini dari masing-masing simpang memiliki 2 jalur dan 2 lajur. Simpang ini terletak di daerah komersil dan daerah pendidikan karena ada pertokoan dan areal kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Studi ini mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang empat bersinyal tersebut. Evaluasi ini dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan jumlah kendaraan bermotor dan tidak bermotor yang melewati simpang empat tersebut dan kondisi eksisting geometri simpang ini. Perhitungan dilakukan dengan analisa kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan. Hasil akhir dari evaluasi ini adalah kinerja simpang ini masih kurang baik dikarenakan hasil derajat kejenuhan yang masih di atas 0,75. Sedangkan menurut MKJI 1997, derajat kejenuhan yang normal adalah DS ≤ 0,75. Oleh karena itu dibutuhkan adanya alternatif atau solusi agar kinerja simpang ini baik. Solusi yang dapat diberikan adalah pengaturan APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) dengan penambahan waktu hijau. Sementara pengaturan APILL ini memberi nilai derajat kejenuhan di angka normal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:08
Last Modified: 25 Jun 2019 06:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19136

Actions (login required)

View Item View Item