ARENA PENTAS TERBUKA DAN SANGGAR KESENIAN JAWA DI TAMAN BUDAYA SURAKARTA MERUPAKAN BAGIAN DARI PERKEMBANGAN TAMAN BUDAYA SURAKARTA

Anjarwulan, Sidha Pangesti (1998) ARENA PENTAS TERBUKA DAN SANGGAR KESENIAN JAWA DI TAMAN BUDAYA SURAKARTA MERUPAKAN BAGIAN DARI PERKEMBANGAN TAMAN BUDAYA SURAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA06675.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Suatu tempat penyelenggaraan kegiatan seni yang dikenal di Surakarta adalah taman Budaya Surakarta. Tempat ini milik dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah Direktorat Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Fasilitas fisik yang telah ada di TAman Budaya ini adalah Gedung Archa Teater untuk pertunjukan teater, Gedung Seni rupa untuk pemeran seni lukis, Pendopo Joglo untuk pentas seni tari dan pedalangan, Penginapan untuk peserta pentas dari luar kota dan Kantor pengelola Taman Budaya Surakarta. Untuk dapat menciptakan iklim kesenian tradisional yang idieal diperlukan adanya tempat kegiatan pendidikan/latihan dan wahana yang dapat menampung aspirasi seniman/masyarakat terhadap kesenian tradisional. Wahana tersebut merupakan saranan komunikasi karya seni antara seniman sebagai pencipta dan masyarakat sebagai penyangga kebudayaan juga saranapeningkatan mutu dan kreatifitas seniman muda melalui pendidikan/latihan. Dari seluruh luas tanah yang ada di Taman Budaya Surakarta baru sebagian kegiatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan kesenian tersebut. Lahan yang masih kososng sudah ada rencana untuk dijadikan Arena Pentas Terbuka, Sanggar-Sanggar Kesenian dan Are Parkir Pengunjung. Oleh karena itu, sebagai bagian dari pengembangan Taman Budaya Surakartaakan dirancang arena pentas terbuka yang menampung kegiatan pementasan seni, khsusunya seni tari dan seni sastra/teater, sanggar kesenian sebagai tempat latihan yang menampung kegiatan seni tari, pendalangan, klerawitan, teater dan seni lukis, serta area parkir pengunjung sebagai sarana pendukung kegiatan yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jul 2019 04:10
Last Modified: 02 Jul 2019 04:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19210

Actions (login required)

View Item View Item