PERANCANGAN PUSAT REHABILITAS TRADIMENSIONAL SEBAGAI TERAPI ALTERNATIF BAGI PENDERITA PSIKOSIS KRONIS DI KOTA YOGYAKARTA

Depari, Catharina Dwi Astuti (2005) PERANCANGAN PUSAT REHABILITAS TRADIMENSIONAL SEBAGAI TERAPI ALTERNATIF BAGI PENDERITA PSIKOSIS KRONIS DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA08745.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang turut menghadapi prblema di bidang kesehatan, dimana sebagian kecil masyarakatnya menderita penyakit kejiwaan yaitu penyakit Schizophrenia. Penyakit itu didorong oleh tingkat stress yag tinggi karena tantangan hidup yang semakin sulit. Sementara itu, pemerintah masih kurang dalam memperhatikan masa depan dan nasib penderita padahal mereka memeiliki andil yang besarpula dalam turut membangun bangsa dan negara. Di lain pihak, pada masyarakat terdapa asumsi bahwa penderita adala orang yang tidak produktif, tidak berguna dan cenderung hanya membebani keluarga dan lingkungan. Pusat rehabilitas tradimensional yang akan didirikan ini merupakan yang pertama di Indonesia dan di Yogyakarta dan baru diterapkan pada beberapa negara maju. Pusat rehabilitas transdimensional ini merupakan salah satu terapi alternatif yang bertumpu pada terapu industri guna memberikan kesibukan dan aktivitas rutin bagi penderita. Kesibukan dan aktivitas rutin ini dianggap mempunyai andil yang besar dalam penyembuhan jiwa pasien. Para rehabilitan akan dikembalikan ke tengah-tengah masyarakat jika dianggap sudah siap jika terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:22
Last Modified: 03 Jul 2019 03:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19232

Actions (login required)

View Item View Item