KEPESERTAAN PEDAGANG PASAR DEMANGAN YOGYAKARTA DALAM BPJS KETENAGAKERJAAN: SUATU ANALISIS PILIHAN RASIONAL DAN PERTUKARAN SOSIAL

LAIYA, FREDERICK EKOIS UMBU (2019) KEPESERTAAN PEDAGANG PASAR DEMANGAN YOGYAKARTA DALAM BPJS KETENAGAKERJAAN: SUATU ANALISIS PILIHAN RASIONAL DAN PERTUKARAN SOSIAL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FREDERICK EKOIS UMBU LAIYA)
SOS04742.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu jasa yang semakin dibutuhkan masyarakat dewasa ini ialah jasa asuransi jiwa. Walaupun banyak metode untuk menangani risiko, namun asuransi merupakan metode yang paling banyak dipakai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pilihan rasional (rational choice) apa sajakah yang mendasari para pedagang Pasar Demangan untuk menjadi peserta Jaminan Sosial Tenagakerja dan untuk mengetahui bagaimanakah proses pertukaran yang terjadi antara para pedagang Pasar Demangan yang telah menjadi Peserta BPJS-TK dengan BPJS-TK melalui beragam layanan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus denganpengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal; (1) Adanya proses mengolah informasi yang tersedia sebagai bahan acuan dalam memilih diantara pilihan yang tersedia untuk mencapai reward dengan adanya pengorbanan/cost yang harus dikeluarkan. Proses tersebut akan kembali terulang atau terus berlanjut jika harapan atau tujuan yang diharapkan tercapai/sesuai harapan begitupun sebaliknya. (2) pertukaran yang diharapkan (berwujud/tangible) tidak terjadi tetapi pertukaran tidak berwujud (intangible) yang dapat dilihat, dimana pihak penyedia jasa menerima iuran premi dan pihak pengguna jasa mendapatkan rasa aman, nyaman, dan tidak khawatir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pilihan rasional, Pertukaran,
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 11 Jul 2019 05:32
Last Modified: 11 Jul 2019 05:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item